Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 18:27 WIB

Stress Bisa Picu Timbulnya Penyakit Kritis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 13 Januari 2020 | 14:15 WIB
Stress Bisa Picu Timbulnya Penyakit Kritis
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Stress menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit.

Stress bisa dirasakan oleh siapa saja karena banyaknya tekanan dalam menjalankan pekerjaan. Kendisi lingkungan rumah tangga yang tidak stabil, dan masih banyak lagi.

Menurut dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M. Epid, seorang internis dan yang mendalami epidemiologi klinis, stress dalam diri bisa terdiri dari stress fisik dan dan stress psikologis. Secara psikologis, sangat ada hubungannya dengan stess biologis. Mengapa?

"Saat Tubus bedang mengalami stress, ini bisa melepaskan hormon yang dilepaskan dan sangat mempengaruhi faktor psikologis," kata Laurentius Aswin, saat ditemui di Jakarta, Senin, (13/01/2020).

Masih menurutnya, beragam hormon tersebut akan memberikan efek negatif dalam tubuh. Jika tidak diatas dengan baik, juga akan memicu munculnya penyakit kritis.

"Antara lain, penyakit diabetes, jaunting koroner, dan autoimun," tambahnya.

Masih menurutnya, stress fisik juga bisa diakibatkan dengna seseorang yang kurang mendapatkan hiburan, kurang istirahat, dan juga kurang piknik.

"Nonton, liburan, menjadi salah satu hal yang harus dilakukan orang - orang yang memiliki kesibukan tinggi. Ini untuk mengantisipasi terjadinya stress dan kejenuhan dalam bekerja," paparnya. (tka)

Komentar

x