Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 14:37 WIB

Hari Anak Sedunia

Hanya Sedikit Anak Autisme Dapat Hidup Mandiri

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 21 November 2019 | 10:26 WIB
Hanya Sedikit Anak Autisme Dapat Hidup Mandiri
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ternyata hanya sedikit anak autisme dapat hidup mandiri hingga usia dewasa.

Hal tersebut diungkapkan Nuryanti Yamin, Ortopedagog dan Co-Founder Drisana Center. Dia mengatakan, meskipun gejala ASD (autism spectrum disorder) dapat ditemui pada masa kanak-kanak, hanya sebagian kecil anak dengan autisme yang dapat hidup mandiri hingga dewasa.

Mayoritas anak dengan autisme memiliki kesulitan komunikasi dan bahasa tingkat parah, sehingga membutuhkan dukungan dan perawatan seumur hidup.

"Beberapa indikator pada anak dengan autisme adalah ekspresi wajah datar, tidak menggunakan bahasa tubuh, jarang memulai komunikasi, tidak meniru aksi atau suara, bicara sedikit atau tidak sama sekali, membeo kata, intonasi bicara aneh, tampak tidak mengerti kata, serta mengerti dan menggunakan kata secara terbatas," kata Nuryanti, Jakarta, Rabu, (21/11/2019).

Lebih lanjut Nuryanti menjelaskan, karena itu, intervensi sejak dini sangat penting dilakukan untuk mendorong perkembangan anak dengan autisme.

"Salah satu cara yang terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan autisme adalah melalui kegiatan seni," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x