Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 04:37 WIB

Efek Cuaca Panas pada Kulit Bayi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 20 November 2019 | 19:10 WIB
Efek Cuaca Panas pada Kulit Bayi
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Cuaca panas, dapat membuat anak-anak lebih mudah berkeringat dan muncul ruam atau biang keringat setelahnya.

Begitu pun dengan cuaca yang tidak menentu. Cuaca yang tak menentu cenderung panas seperti saat ini bisa menjadi masalah bagi anak-anak.

Merupakan tugas orang tua untuk membuat mereka tetap nyaman di musim kemarau berkepanjangan ini.

Struktur kulit bayi berbeda dengan struktur kulit orang dewasa, kulit bayi cenderung lebih halus yang menyebabkan kulit mereka lebih rentan dan sensitif.

"Khususnya di daerah tropis seperti Indonesia, bayi dan anak lebih mudah berkeringat. Dikarenakan cuaca yang panas dan lembab ditambah dengan struktur kulit bayi yang belum sempurna membuat mereka lebih rentan mengalami ruam atau biang keringat pada kulit," kata dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK, pengurus PERDOSKI (Perhimpinan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin), saat ditemui di acara Mothercare hadirkan Jellypop, Jakarta, Rabu, (20/11/2019).

Karena itu, lanjut Litya, orangtua harus benar - benar tahu apa yang dibutuhkan buah hatinya. Salah satunya adalah dengan menjaga kenyamanan dalam berpakaian.

"Agar bayi dan anak terjaga kenyamanannya, banyak opsi yang bisa dilakukan, seperti memastikan perputaran udara di ruangan baik, menggunakan pakaian yang sesuai dengan suhu ruangan atau kegiatan, menggunakan tempat tidur dan alas yang terbuat dari katun dan memberikan efek sejuk," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x