Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 20:35 WIB

Nasi Kapau Ala Mintuo Suguhkan Cita Rasa Otentik

Senin, 18 November 2019 | 22:30 WIB
Nasi Kapau Ala Mintuo Suguhkan Cita Rasa Otentik
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Sumatera Barat punya segudang kuliner khas, salah satunya adalah nasi kapau. Namun banyak masyarakat yang tidak paham beda sesungguhnya antara nasi kapau dengan nasi padang yang sekilas memang sama.

Sekedar informasi, nasi kapau merupakan hidangan yang berasal dari sebuah nagari atau desa bernama Kapau, terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat. Karena kesamaan asalnya dari provinsi Sumbar, banyak yang beranggapan nasi kapau dan nasi padang itu sama saja.

Faktanya, kedua kuliner ini jauh berbeda. Hal yang mendasar adalah dari segi menu dan penyajian. Kebanyakan restoran Padang biasanya langsung dihidangkan dengan aneka jenis kuliner yang bisa dipilih sendiri di meja saat kita menyantap hidangan sedangkan di restoran nasi kapau, pengunjung biasanya memilih menu langsung di etalase yang ada di restoran tersebut.

"Hal yang juga menjadi perbedaan antara restoran padang dan restoran nasi kapau adalah, macam sayuran yang disajikan. Restoran nasi kapau, ada hidangan sayur yang bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Itu yang otentik. Selain itu Gulai Kapau disantap bersama satu lauk. Tinggal pilih apakah olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam," kata Arifin, manager Kedai Nasi Kapau Mintuo, di kawasan Jalan Pecenongan Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut Arifin, Kedai Nasi Kapau Mintuo belum lama buka di wilayah kuliner, Pecenongan, Jakarta Pusat. Namun, Arifin mengklaim kedai ini sangat bersahabat untuk urusan harga dan rasa. Selama ini, banyak yang beranggapan makan di kedai Nasi Kapau lebih mahal dibanding restoran padang.

"Di kedai Nasi kapau Mintuo ini, kami berupaya mempertahankan rasanya yang otentik dengan menggunakan beragam bumbu asli Indonesia dan cara memasak khas Kapau. Selain itu, harga yang kami tawarkan juga tidak kalah murah dengan restoran khas Padang yang pastinya dengan kualitas yang tidak murahan. Lantaran harga yang kami tawarkan cukup terjangkau," terangnya.

Kedai Nasi Kapau Mintuo yang punya arti Kedai Nasi Kapau khas Mertua diharapkan mampu menambah kekayaan wisata kuliner di Ibu Kota. Terlebih kuliner khas ranah minang memang dikenal punya cita rasa yang khas. [adc]

Komentar

Embed Widget
x