Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 20:01 WIB

Perhatian Orangtua Ketika Memilih Mainan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 12 November 2019 | 21:35 WIB
Perhatian Orangtua Ketika Memilih Mainan Anak
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Febiana Pratomo, M.Psi Psikolog Klinis Anak dari Rumah Dandelion mengungkapkan perlunya perhatian orang tua dalam memilih mainan yang tepat untuk anak.

"Memilih mainan yang tepat dapat memberikan anak beragam manfaat untuk tumbuh kembang mereka, seperti pemikiran kognitif, saraf sensorik, saraf motorik kasar dan halus, serta mengasah kreatifitas anak," kata Febiana di acara ELC, Jakarta, Selasa, (12/11/2019).


Masih menurutnya, dengan kegiatan bermain bersama anak, hubungan orangtua dan anak pun akan semakin lekat.

Febiana menambahkan orang tua harus sangat jeli dalam memilih mainan yang akan diberikan sebagai hadiah untuk anak mereka.

"Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: usia anak, manfaat mainan tersebut, kesukaan anak pada saat itu dan keamanan mainan tersebut," tambahnya.

Banyak yang mengabaikan label usia pada, namun sesungguhnya memberikan mainan yang tepat sesuai usia anak merupakan hal yang harus diutamakan, karena anak mempunyai pemahaman dan kemampuan yang berbeda di setiap tahapan usia.

"Selain menyenangkan, bermain dengan mainan yang tepat dalam memberikan banyak manfaat pada anak yang terkait dengan tumbuh kembang mereka, sebagai sarana eksplorasi untuk mengaktifkan panca indera mereka, dapat merangsang daya pikir, motorik halus dan kasar, memperkuat otot mereka juga dapat mengasah kreatifitas serta daya imajinasi mereka," ungkapnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x