Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 06:57 WIB

Bawa Anak Naik Pesawat, Penting Perhatikan Hal Ini

Senin, 11 November 2019 | 07:31 WIB
Bawa Anak Naik Pesawat, Penting Perhatikan Hal Ini
(Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Liburan atau bepergian bersama anak merupakan momen berharga dan paling dinanti setiap orangtua. Terlebih lagi jika Anda sekeluarga akan pergi dengan pesawat, tentu si kecil tak sabar menunggu hari keberangkatan, terutama jika ini merupakan pengalaman pertamanya.

Namun sebagai orangtua, bisa jadi akan mengalami hal sebaliknya, seperti cemas dan khawatir. Maklum, mengajak anak bepergian naik pesawat tidak sama dengan mengajaknya naik mobil pribadi.

Misalnya saja Anda hendak liburan ke Kota Tepian di Samarinda, Kalimantan Timur bersama si kecil. Supaya perjalanan aman dan si kecil menikmati penerbangan, perhatikan perlengkapan yang mungkin wajib dibawa selama di dalam pesawat, seperti:

Pakaian ganti
Bepergian dengan anak berarti Anda harus siap dengan kejadian tak terduga. Mulai dari baju basah, celana kotor, anak mabuk lalu muntah, sampai diapers bocor. Maka, membawa pakaian ganti komplit wajib masuk ke tas tenteng yang dibawa ke kabin pesawat. Bawa diapers dalam jumlah lebih untuk berjaga-jaga si kecil butuh ganti lebih dari sekali.

Mainan favorit
Anda beruntung kalau naik pesawat dengan fasilitas in-flight entertainment. Cocok sebagai hiburan si kecil selama perjalanan. Namun, mainan favorit tetap harus tersedia di tas Anda. Jika anak sudah cukup besar, minta ia menyiapkan sendiri mainan atau buku cerita kesukaannya dalam satu tas ransel.

Gendongan
Gendongan perlu terutama jika Anda pergi dengan anak balita. Meski anak sudah bisa jalan, menggendong anak jauh lebih praktis saat Anda harus check-in, berjalan menuju ruang tunggu, atau boarding ke pesawat. Memakai stroller terasa kurang praktis karena Anda harus melipatnya lebih dulu dan tak semua jenis stroller bisa dibawa ke kabin.

Makanan kesukaan anak
Terlepas dari apakah Anda akan mendapatkan makanan di pesawat atau tidak, menyediakan makanan kesukaan anak membuat perjalanan Anda lebih mudah. Isi tas dengan camilan favorit, susu UHT, dan jus buah. Perut anak kenyang, ia pun bisa menikmati perjalanan.

Botol minum
Membawa botol minum lebih baik daripada membeli air mineral kemasan. Anda bisa berhemat lumayan banyak dengan membawa air minum sendiri. Sewaktu-waktu si kecil haus, Anda tinggal membukakan botol minum untuknya. Tidak usah repot mencari mini market untuk membeli minuman lagi kan?

Tisu basah
Setelah makan, tangan dan mulut si kecil pasti belepotan. Bekas makanan di sana sini kadang membuat Anda gemas. Tisu basah jadi salah satu perlengkapan penting saat traveling yang harus selalu ada. Saat Anda tidak sempat ke toilet, tisu basah jadi penyelamat untuk membersihkan mulut dan tangan si kecil.

Jaket atau pakaian hangat
Meski kebanyakan anak tidak betah memakai selimut, tetapi biasanya mereka senang-senang saja dipakaikan jaket atau sweater. Walau cuaca Samarinda panas, udara di pesawat bisa cukup dingin untuk si kecil. Terlebih jika Anda mengambil penerbangan pagi-pagi sekali atau malam hari. Memastikan badan anak tetap hangat selama perjalanan penting agar kondisi tubuhnya tetap fit.

Membawa tujuh perlengkapan di atas akan membuat perjalanan Anda bersama si kecil yang naik pesawat pertama kali lebih tenang. [adc]

Selain itu, tak ada salahnya untuk selalu cek harga tiket pesawat melalui Airy. Berbagai tiket pesawat domestik ke Samarinda tersedia dengan harga murah, termasuk tiket pesawat Sriwijaya. Tidak usah khawatir soal keamanan transaksi, dijamin aman dan bebas penipuan. Bahkan jika terpaksa mengubah jadwal atau rencana perjalanan, cukup buka layanan refund dan reschedule melalui aplikasi. Tiket pesawat yang sudah Anda pesan dapat diproses ulang, sehingga tidak hangus begitu saja. Bagaiman? Begitu mudah bukan pesan tiket pesawat di Airy? Saatnya, siapkan perbekalan untuk menikmati liburan! [adc]

Komentar

x