Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 04:40 WIB

Tak Hanya Usia Lanjut

Gangguan Buang Air Kecil juga Dialami Usia Muda

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:25 WIB
Gangguan Buang Air Kecil juga Dialami Usia Muda
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gangguan buang air kecil biasa terjadi pada orang dengan usia lanjut. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Keadaan tersebut biasa dikenal sebagai inkontinensia urine. Ini adalah kondisi fisik seperti gangguan buang air kecil. Ada beberapa penyebab gangguan buang air kecil harus diperhatikan.

Tidak jarang banyak orang yang menganggap gangguan buang air kecil ini biasa saja. Padahal, beberapa penyebab keadaan kesehatan seseorang bisa mengakibatkan hal itu terjadi. Keadaan ini biasa dialami orang dengan usia yang sudah di atas 40 tahun.

Menurut dr. Alwyn Samuel, SpU, Inkontinensia memang banyak yang dialami orang yang usia lanjut, namun jangan salah ini akumulasi terjadi dari waktu muda.

"Hal itu karena sering menahan dan malas buang air kecil atau mereka sering anyang-ayangan," kata dr Alwyn G Samuel, SpU, Spesialis urologi, pada acara "Confidence Day & Night", di Jakarta, baru - baru ini.

Malas buang air kecil juga akan mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kemih. Ini akan membuat rasa yang tidak nyaman. Jika hal tersebut terjadi lebih dari tiga kali dalam setahun, hal tersebut tentu perlu dilakukan perawatan khusus.

"Jika infeksi saluran kemih yang dialami tak sampai dua kali selama setahun, berarti hal itu masih dalam batas normal. Jika sudah sampai tiga kali atau lebih dalam setahun, maka harus waspada," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x