Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 11:22 WIB

Solusi Atasi Polusi Udara di Wilayah Perkotaan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 1 Agustus 2019 | 15:55 WIB
Solusi Atasi Polusi Udara di Wilayah Perkotaan
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu langkah mengatasi polusi udara di wilayah perkotaan adalah dengan memperbaiki kualitas udara.
Tidak mudah memang, tetapi ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan Pemerintah untuk mengatasi hal tersebut. Terlebih, saat ini, Jakarta menjadi salah satu kota terpolusi pertama di dunia.
Berikut adalah beberapa tahapan untuk mengatasi masalah polusi udara agar tidak menimbulkan dampak kesehatan berkala khususnya pada penyakit paru. Menurut DR. Dr. Agus Dwi Susanto, So.P(K), FAPSR dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) saat ditemui di acara peringatan Hari Kanker Paru Sedunia, Jakarta, Rabu, (31/07/2019), berikut adalah upaya - upaya yang dapat dilakukan dan langkah untuk mengurangi atau menurunkan polusi udara seperti :
1. Menggalakkan dan menerapkan uji emisi kendaraan bermotor yang memasuki wilayah perkotaan terutama untuk kendaraan umum atau kendaraan angkutan barang.
2. Melaksanakan dan menerapkan pemantauan emisi polusi udara dari industri dan memberikan punishment tegas bagi industri tidak ramah lingkungan di Wilayah Perkotaan.
3. Mendorong pembukaan pembangkit listrik tenaga alternatif seperti tenaga angin, tenaga ombak atau tenaga matahari untuk mengurangi emisi polusi udara dari pembangkit listrik.
4. Membuat sarana transportasi massal yang aman, nyaman, murah, ramah lingkungan dan mudah diakses oleh masyarakat.
5. Membuat lapangan parkir yang berdekatan dengan sarana transportasi umum yang layak, aman dan terjangkau sehingga mampu menampung kendaraan masyarakat yang akan naik transportasi umum ke tempat kerja.
6. Membuat dan mengkampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik (mobil, motor listrik) termasuk memperbanyak kendaraan umum dengan tenaga listrik.
7. Meningkatkan penanaman pohon-pohon, dan menambah area hijau di seluruh wilayah untuk menambah paru-paru kota. (tka)

Komentar

Embed Widget
x