Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 00:32 WIB

Ada 92 Persen Penduduk Dunia Hirup Udara Buruk

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 31 Juli 2019 | 22:05 WIB
Ada 92 Persen Penduduk Dunia Hirup Udara Buruk
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - World Health Organization (WHO) mencatat saat ini 92 persen penduduk dunia menghirup udara dengan kualitas udara yang buruk.

WHO mencatat setiap tahun ada 7 juta kematian (2 juta di asia tenggara) berhubungan dengan polusi udara luar ruangan dan dalam ruangan.

"Polusi udara berhubungan dengan penyakit paru dan pernapasan (seperti infeksi saluran pernapasan akut/ISPA, asma, bronkitis, penyakit paru obstruktif kronik/PPOK dan kanker paru), penyakit jantung dan stroke," kata DR. Dr. Agus Dwi Susanto, So.P(K), FAPSR dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Jakarta, Rabu, (31/07/2019).

Menurut data WHO, polusi udara di seluruh dunia berkontribusi 25 persen pada seluruh penyakit dan kematian akibat kanker paru, 17 persen seluruh penyakit dan kematian akibat ISPA, 16 persen seluruh kematian akibat stroke, 15 persen seluruh kematian akibat penyakit jantung iskemik dan 8 persen seluruh penyakit dan kematian akibat PPOK.

"Populasi rentan terhadap polusi udara adalah anak-anak, usia lanjut, perempuan, pekerja luar ruangan dan populasi yang sudah mempunyai penyakit paru atau jantung," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x