Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 00:01 WIB

Hiportemia dan Cara Tepat Atasinya

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 27 Juli 2019 | 12:15 WIB
Hiportemia dan Cara Tepat Atasinya
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini terjadi viral di tengah masyarakat adanya berita tentang penanganan hipotermia oleh pendaki gunung dengan cara pendekatan skin to skin dengan cara menyetubuhi.

Hal ini akhirnya menimbulkan kontroversi. Hipotermia adalah suatu keadaan suhu tubuh turun drastis sampai 35 derajat celcius.

Perlu diketahu dalam keadaan normal suhu tubuh kita 37 derajat celcius. Hipotermia adalah keadaan emergensi yang harus segera diatasi.

Bagaimana menghindari dan mengatasi hipotermia?

Menurut Dr.Ari F Syam Akademisi dan Praktisi Kesehatan menjelaskan untuk mencegah udara dingin kita harus menutupi badan kita agar udara dingin yang menyengat tidak lansung kontak dengan kulit.

"Gunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh kita, diusahakan untuk menggunakan pakaian berlapis gunakan tutup kepala tambahan, kaus kaki tebal dan sarung tangan selama berada diluar di saat udara dingin menyengat di luar rumah," kata Ari and Syam, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (27/07/2019).

Diusahakan selalu untuk menggunakan pakaian yang kering dan bersih. Udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Karena itu harus selalu mengoleskan lotion pada kulit tangan dan telapak kaki agar kulit tidak mengering dan tidak menimbulkan luka.

"Bibir dan lubang hidung juga diusahakan untuk selalu diolesi krim. Tentunya krim yang diperuntukan untuk bibir dan hidung agar bibir tidak kering dan tidak menimbulkan luka yang pada akhirnya akan mengurangi nafsu makan," tambahnya.

Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada masyarakat yang mengalami kekeringan pada lubang hidungnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x