Find and Follow Us

Senin, 16 September 2019 | 23:15 WIB

Besarkan Usaha Katering Dengan Mudah

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 23 Juli 2019 | 17:35 WIB
Besarkan Usaha Katering Dengan Mudah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta -Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia belum dapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Karena itu, pengusaha UMKM, Ruma Catering Anita terus berusaha kembangkan usahanya dari nol.

Ruma Catering menjadi salah satu industri rumahan UMKM yang memanfaatkan platform marketplace sebagai jalan keluar dalam mencari permodalan. Usaha katering yang sudah berdiri sejak dua tahun silam ini tengah memasuki proses persetujuan pinjaman modal dari penyelenggara industri keuangan berbasis teknologi (Fintech) yang merupakan partner resmi Ralali.com, online marketplace B2B pertama dan terbesar di Indonesia.

"Pinjaman dengan dana sebesar itu, rasanya sulit jika diajukan kepada pihak perbankan karena syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Dengan dibantu Ralali.com, pinjaman ini tentunya menjadi solusi yang sangat praktis dan inovatif buat pelaku UMKM seperti kami ini," ujar Anita, tim Ruma Catering, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (23/07/2019).

Isu permodalan menurutnya cukup kompleks bagi pelaku UMKM, terlebih klien Ruma Catering didominasi oleh korporat dan kantor pemerintah yang punya kebijakan masing-masing dalam sistem pembayaran.

"Kami antar katering hari ini, lunas bayarnya baru dua bulan lagi. Sementara kami butuh perputaran uang cepat, sebab supplier atau vendor barang juga punya aturan khusus dalam skema bayar," tuturnya.

Selain pinjaman modal, Ruma Catering yang merupakan salah satu dari total 160.000 buyer Ralali.com mengaku sangat puas berbelanja kebutuhan bahan baku lewat marketplace tersebut. Alasannya karena marketplace yang sedang giat melakukan ekspansi di 25 kota se-Indonesia itu menawarkan lebih dari 12.000 vendor atau seller dari berbagai segmen, sehingga memudahkan UMKM memperoleh kebutuhan usahanya.

"Bahkan tim dari Ralali.com sendiri sangat ramah dan membantu kami dalam mencarikan vendor sesuai keperluan katering kami. Keuntungan yang kami rasakan adalah barang yang kami terima selalu dalam kondisi segar dan bagus, jadi kami tidak perlu repot-repot memilah-milah bahan bakunya. Selain itu juga lebih praktis, lebih mudah, lebih cepat, dan harga jauh lebih terjangkau untuk pembelian dalam jumlah banyak," ungkap Anita.

Untuk diketahui Ruma Catering yang merupakan lini bisnis dari Griya Group, hingga hari ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 20 karyawan. Layanan yang ditawarkan pun khusus untuk partai besar, seperti acara pernikahan, event tertutup, dan mini bar.

Lantaran tingkat kepuasan yang didapat, sudah tiga bulan terakhir Ruma Catering melakukan transaksi di Ralali.com. Bukan hanya karena pendanaan yang didapat, namun juga efisiensi, kelengkapan vendor, dan kecepatan layanan yang ditawarkan platform solusi bisnis ini kepada Ruma Catering dan pelaku UMKM lainnya.

"Kami memastikan Sahabat Ralali.com yakni para UMKM yang melakukan transaksi dan datang ke platform Ralali.com akan menemukan segala kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha yang one stop solution. Kami kerap melakukan proses 020 (offline-to-online) guna merangkul UMKM, memberikan pengenalan langsung face-to-face tentang Ralali.com pada pelaku UMKM yang berada di berbagai daerah sehingga mereka tepat memahami bahwa Ralali.com menawarkan solusi secara holistik bagi UMKM.

Sementara untuk pencarian produk tetap dilakukan secara online. Kombinasi ini menghasilkan kepercayaan dari UMKM pada kami," ujar Herman Antono, VP BIG Resto Ralali.com.

Sejalan dengan misi untuk terus melayani dan membantu para UMKM di Indonesia dengan memberikan kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha, Ralali.com yang sedang merayakan ulang tahun yang ke-6 membawa kejutan signifikan bagi UMKM bertajuk Beyond To Be SIXnificant. Ralali.com akan menghadirkan berbagai promosi, cashback, dan kompetisi menarik bagi para pemasok (seller) dan pembeli (UMKM).(tka)

Komentar

Embed Widget
x