Find and Follow Us

Senin, 16 September 2019 | 23:43 WIB

Cara Atasi Hepatitis C dengan Obat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 23 Juli 2019 | 16:15 WIB
Cara Atasi Hepatitis C dengan Obat
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengendalian Virus Hepatitis C di Indonesia selain pengendalian faktor risiko penyakit, dilakukan juga pengobatan Hepatitis C dengan obat Direct Acting Antivirus (DAA) yang sudah diregistrasi BPOM.

Obat ini menunjukkan tingkat kesembuhan yang tinggi 97 persen dalam waktu pengobatan 12-24 minggu, lebih berhasil dan lebih cepat dibandingkan obat sebelumnya dengan menggunakan Pegylated Interferon.

Pelayanan pengobatan DAA hepatitis C di Indonesia terus berkembang. Pada 2017 layanan pengobatan DAA dilaksanakan di 7 provinsi (29 rumah sakit), 2018 layanan pengobatan DAA dilakukan di 14 provinsi (36 rumah sakti). Pada 2019 layanan pengobatan DAA dilakukan di 15 provinsi (37 rumah sakit).

Darah penderita hepatitis C, walaupun sudah sembuh akan selamanya mengandung antibody hepatitis C tetapi tidak memberikan kekebalan sehingga bisa saja terjadi infeksi ulang.

Pengendalian faktor risiko untuk menghindari dari penularan hepatitis B dan C adalah dengan berperilaku hidup bersih sehat, dengan tidak mempergunakan alat pribadi secara bersama seperti gunting kuku, alat cukur, dan sikat gigi, serta tidak menggunakan jarum suntik bersama.

Sekjen Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia Dr. dr. Andri Sanityoso Sulaiman, Sp.PD, KGEH mengatakan di masyarakat informasi hepatitis A, B, C, D, dan E merupakan level keparahan penyakit hepatitis. Namun sebenarnya lima jenis hepatitis itu merupakan penamaan saja.

"Hepatitis A, B, C, D, dan E bukan merupakan kelanjutan (tingkat keparahan) melainkan hanya penamaan. Di Indonesia banyak hepatitis A, B, dan C," katanya, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (23/07/2019).

Ia menambahkan masa inkubasi hepatitis A adalah 30 hari, hepatitis B 80 hari, dan hepatitis C 50 hari. Hepatitis A, menurutnya, di Indonesia menjadi endemis dan sepanjang tahun akan ada kasus terjadi.(tka)

Komentar

Embed Widget
x