Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 07:53 WIB

Musik Berpengaruh untuk Perkembangan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 10 Juli 2019 | 15:55 WIB
Musik Berpengaruh untuk Perkembangan Anak
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Musik memegang faktor penting dalam perkembangan anak. Selain itu, bermain musik bersama juga dapat menciptakan hubungan yang baik antara orangtua dan anak.

Untuk menjawab kebutuhan orang tua dan anak, ELC menghadirkan berbagai rangkaian mainan musik yang aman dan cocok untuk dimainkan dan dicoba oleh anak-anak.

Rangkaian terbaru mainan musik yang tersedia di ELC adalah Key Boom Board, Superstar Guitar dan Sing Star Microphone.

Disebutkan dalam beberapa penelitian dan studi bahwa musik adalah faktor penting untuk perkembangan anak dan juga menjadi salah satu medium untuk menjalin hubungan antara orangtua dan anak.

"Aktivitas bermain musik baik untuk sistem motorik anak, bahasa kognitif, aktivitas sosial dan emosional dan tentu saja menciptakan hubungan baik antara orang tua dan anak," ungkap Nadya Pramesrani, psikolog dan salah satu pendiri rumah Dandelion, Jakarta, Rabu, (10/07/2019).

Anak-anak yang secara aktif senang bermain dan mengeksplorasi alat musik tertentu cenderung memiliki koordinasi motorik yang lebih baik dan anak-anak yang secara aktif berpartisipasi dalam aktivitas bermusik cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dalam hal membaca, menulis, memahami informasi, memperhatikan dan berkonsentrasi akan sesuatu.

Keterlibatan orangtua dalam bermain musik dengan anak juga dapat meningkatkan hubungan di antara mereka, khususnya dalam mengembangkan rasa empati dan interaksi sosial. (tka)

Komentar

Embed Widget
x