Find and Follow Us

Sabtu, 21 September 2019 | 13:51 WIB

Cegah Kanker Paru dengan Deteksi Dini

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 9 Juli 2019 | 17:25 WIB
Cegah Kanker Paru dengan Deteksi Dini
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Belakangan semakin meningkatnya kasus penyakit tidak menular. Salah satunya adalah Kanker.

Hal tersebut seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan kanker usus besar serta penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, maka permintaan terhadap pelayanan kesehatan dengan standar yang berkualitas juga semakin tinggi.


Untuk mengatasi Hal tersebut, CT scan dosis rendah (Low Dose Computed Tomography atau LDCT) sebagai alat deteksi dini kanker paru-paru yang mampu mendeteksi kelainan paru secara efektif bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah penyakit paru.

"Penelitian terbaru yang dilakukan di Eropa (percobaan NELSON) menunjukkan bahwa skrining LDCT memiliki manfaat lebih besar dan mengurangi kematian akibat kanker paru-paru sebesar 26 persen pada pria dan hingga 61 persen pada wanita," ujar Direktur Omni Hospitals Group dr Num Tanthuwanit, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (09/07/2019).

Berdasarkan data WHO, Profil Kanker di Indonesia pada tahun 2014, 21,8 persen kematian akibat kanker pada pria (total 103.000 kematian) dan 9,1 persen pada wanita (total 92.200 kematian) terutama berhubungan dengan kanker paru-paru.

Sementara itu, statistik 2018 dari WHO menunjukkan bahwa ada 61,4 juta perokok aktif di Indonesia.(tka)

Komentar

Embed Widget
x