Find and Follow Us

Sabtu, 21 September 2019 | 14:32 WIB

Ini Pengobatan yang Tepat Atasi Skizofrenia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 8 Juli 2019 | 16:15 WIB
Ini Pengobatan yang Tepat Atasi Skizofrenia
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengobatan Skizofrenia sampai saat ini, belum ada obat untuk menangani penyakit tersebut.

Metode pengobatan yang dilakukan hanya sebatas mengendalikan dan mengurangi gejala pada pasien. Beberapa metode pengobatan tersebut yang dikutip dari siaran pers yang diterima ditinjau dr. Tjin Willy selaku dokter dari ALODOKTER, Jakarta, Senin, (08/07/2019), sebagai berikut.

Obat-obatan untuk menangani halusinasi dan delusi, dokter akan meresepkan obat antipsikotik dalam dosis seminimal mungkin.

Antipsikotik bekerja dengan menghambat efek dopamin dan serotonin dalam otak. Pasien harus tetap mengonsumsi antispikotik untuk seumur hidupnya, meskipun gejala yang dialami sudah membaik.

Obat antipsikotik dapat diberikan dalam bentuk tablet atau suntik. Bentuk obat yang diberikan tergantung pada kemauan pasien untuk diobati.

Pada pasien yang mudah diatur, dokter akan memberikan antipsikotik bentuk tablet. Tetapi pada pasien yang sulit diberikan tablet antipsikotik, dokter akan memberikan antipsikotik jenis suntik.

Beberapa efek samping obat antipsikotik yang dapat muncul berat badan bertambah, gairah seks menurun, kejang, mulut kering, penglihatan kabur, pusing, tremor.

Antipsikotik terbagi dalam jenis tipikal (generasi lama) dan atipikal (generasi baru).

Saat ini, dokter lebih merekomendasikan antipsikotik atipikal, karena memiliki lebih sedikit efek samping dibanding antipsikotik tipikal.

Beberapa jenis antipsikotik tipikal adalah chlorpromazine, fluphenazine, dan haloperidol.
Sedangkan jenis antipsikotik atipikal antara lain aripiprazole, clozapine, olanzapine, dan risperidone.(tka)

Komentar

Embed Widget
x