Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 19:46 WIB

Kesehatan Jemaah Haji Indonesia jadi Prioritas

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 8 Juli 2019 | 13:15 WIB
Kesehatan Jemaah Haji Indonesia jadi Prioritas
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Madinah - Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, menyatakan bahwa semua pasien jemaah haji Indonesia harus dikelola dengan baik.

"Hal tersebut terutama yang berkaitan dengan asupan cairan dan gizinya agar kasus-kasus seperti yang terjadi pada kelompok lansia dapat cepat tertangani," kata Eka Jusup Singka, Senin, (08/07/2019).

KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) Madinah memberikan layanan kesehatan dasar dan spesialistik.

Klinik yang baru saja diresmikan pada Mei 2019 lalu ini mempunyai 14 dokter umum, 13 dokter spesialis, 33 perawat dan beberapa tenaga kesehatan lainnya seperti ahli gizi, rekam medik dan sanitarian.

Fasilitas kesehatan berlantai lima ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari UGD, ICU, depo obat, laboratorium, ruang rawat inap hingga kamar tidur bagi petugas kesehatan haji daerah kerja Madinah dan bandara.

Layanan yang diberikan KKHI tidak bersifat eksklusif hanya melayani jemaah haji reguler Indonesia saja. Jemaah haji khusus dan warga negara Arab Saudi jika memang membutuhkan layanan kesehatan akan tetap dilayani.

Berkaca dari layanan tahun-tahun sebelumnya, penyakit yang sering ditangani di KKHI Madinah diantaranya luka diabetes, kaki melepuh dan heat stroke (sengatan panas).(tka)

Komentar

Embed Widget
x