Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:35 WIB

Simak Tradisi Minum Teh di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 28 Juni 2019 | 18:25 WIB
Simak Tradisi Minum Teh di Indonesia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dalam tradisi minum teh masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, ada semacam standar bagi cita rasa teh berkualitas.

Cita rasa teh asli Indonesia yang berkualitas harus memenuhi kriteria legit dan kental. Legit berarti rasa manis yang pas atau mantap, sedangkan devinisi kental adalah pekat atau menunjukkan keaslian atau akrab (dalam persahabatan).

Kombinasi antara legit dan kental menghasilkan teh dengan cita rasa tinggi.

Legit kental memiliki makna filosofis sesuatu yang menunjukkan kesempurnaan dan keaslian yang mampu mempererat persahabatan yang jujur dan sesungguhnya.

"Para leluhur kita telah memaknai tradisi minum teh dengan nilai-nilai yang sangat positif dan mendalam," jelas Ratna Somantri, pakar teh Indonesia, yang turut hadir pada saat peluncuran Legit Kental, Jumat, (28/06/2019).

Masih menurutnya, teh yang manis menjadi salah satu yang mencerminta budaya masyarakat Inddonesia. Ratna menambahkan, orang Indonesia cenderung memiliki kesukaan rasa yang otentik.

"Saat minum teh, yang terbaik adalah ketika terakhirnya ada rasa sepet. Itu ciri khas teh Indonesia," tambahnya.

Agar terasa lebih pas, teh bisa diseduh dengan gula batu. Hal ini akan menimbulkan rasa yang lebih murni.

"Kalau mau lebih legit dan murni, ini bisa dapat dari teh yang diberikan gula batu, bukan dari gula pasir," katanya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x