Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 12:53 WIB

Penting, Kontrol Kesehatan Secara Medis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 19 Juni 2019 | 16:55 WIB
Penting, Kontrol Kesehatan Secara Medis
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kontrol kesehatan secara rutin sangat baik bagi setiap orang.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier, dr. Prasna Pramitha, SpPD, K-AI,FINASIM, MARS, agar masyarakat mulai disiplin untuk hidup sehat dan waspada pada penyakit akibat gaya hidup yang buruk, salah satunya adalah melakukan kontrol kesehatan.

"Jika kita sudah terdeteksi mengidap darah tinggi atau diabetes maka otomatis harus rajin kontrol ke dokter, mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, dan menjalani gaya hidup sehat," kata dr. Prasna, Jakarta, Rabu, (19/06/2019).

Dia menambahkan, jangan takut melakukan check-up ke dokter karena khawatir akan hasilnya. Walaupun penyakit seperti darah tinggi dan diabetes tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol dengan cara tersebut.

Dr. Prasna menganjurkan agar masyarakat rajin mengontrol kesehatan secara medis, yaitu dengan melakukan check-up ke dokter terutama bagi yang sudah berusia 35 tahun ke atas.

"Bila sudah berusia 35 tahun ke atas perlu dilakukan medical check-up (MCU) minimal sekali dalam setahun. Jika sudah berusia 50 tahun ke atas sebaiknya melakukan check up menjadi 6 bulan sekali dan harus rutin kontrol teratur ke dokter," tambahnya.

Pasien juga jangan menunggu hingga obat rutin yang harus dikonsumsi habis baru kontrol ke dokter karena beberapa penyakit penyakit, seperti darah tinggi diharuskan rutin mengonsumsi obat resep dokter. (tka)

Komentar

Embed Widget
x