Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 12:51 WIB

Penyakit Degeneratif Bisa Serang Siapa Saja

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 19 Juni 2019 | 15:25 WIB
Penyakit Degeneratif Bisa Serang Siapa Saja
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit degeneratif dapat menyerang siapa saja karena kurangnya pengetahuan mengenai penyakit yang mengintai serta kurangnya kesadaran untuk mempraktikkan gaya hidup sehat.

Bahaya gaya hidup yang buruk karena dapat mengancam kesehatan. Dengan menjalani gaya hidup yang lebih baik maka kondisi jasmani lebih prima sehingga tidak terserang penyakit yang berpotensi menggangu aktivitas dan pekerjaan sehari-hari.

Apalagi kesehatan adalah modal awal dan investasi menuju hari esok yang lebih baik.

Penyakit degeneratif bermula dari dari gaya hidup yang tidak sehat karena sering terjebak dalam rutinitas sehingga lupa menjaga kesehatan. Gaya hidpu yang buruk tersebut, seperti kurang beristirahat, minum air kurang dari 2 liter sehari, mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, merokok, dan mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan.

Akibatnya, penyakit-penyakit degenegeratif pun mengintai, seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, dan stroke semakin meningkat.

"Penyakit degeneratif jangan diabaikan karena dapat berkembang menjadi penyakit kritis jika gaya hidup tidak segera diperbaiki," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier, dr. Prasna Pramitha, SpPD, K-AI,FINASIM, MARS, Jakarta, Rabu, (19/06/2019).

Misalnya, kurang istirahat dapat menyebabkan darah tinggi.

"Ini bisa menjadi pencetus terjadinya stroke dan penyumbatan kemudian penyumbatan itu juga berpotensi menyebabkan terjadinya kelumpuhan," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x