Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 09:51 WIB

Badan Litbangkes Kukuhkan Empat Profesor Riset

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 13 Juni 2019 | 14:15 WIB
Badan Litbangkes Kukuhkan Empat Profesor Riset
(Foto: inilahcom/Mia Kartikawati)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Litbangkes berhasil mencetak empat profesor riset tahun ini.

Empat profesor riset yang dikukuhkan Majelis Pengukuhan Profesor Riset hari ini adalah Dr. dr. Laurentia Konadi Mihardja, MS., Sp. GK. (Kepakaran Bidang Epidemiologi dan Biostatistik); Dr. dr. Julianty Pradono, MS (Kepakaran Bidang Epidemiologi dan Biostatistik); Dr. Astuti Lamid, MCN. (Kepakaran Bidang Makanan dan Gizi); dan Dr. Dede Anwar Musadad, SKM., M.Kes. (Kepakaran Bidang Kesehatan Lingkungan).

Gelar Profesor Riset dikukuhkan bagi para peneliti yang telah mencapai jenjang tertinggi sebagai peneliti utama.

"Bertambahnya jumlah profesor riset bidang kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Badan Litbangkes dalam memecahkan berbagai tantangan dan masalah kesehatan," kata Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis, (13/06/2019).

Masalah yang ada seperti upaya penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi, penurunan prevalensi kekurangan gizi pada anak balita, pengendalian angka kesakitan akibat penyakit menular dan penyakit tidak menular, serta pencapaian imunisasi dasar lengkap.

Tantangan lainnya adalah disparitas status kesehatan dan status gizi antar wilayah, antar tingkat sosial ekonomi dan gender, penyediaan anggaran publik untuk kesehatan serta peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tingkat rumah tangga.

para professor riset tersebut antara lain:

1. Dr. dr. Laurentia Konadi Mihardja, MS., Sp. GK. (Kepakaran Bidang Epidemiologi dan Biostatistik); topik orasi Laurentia Konadi adalah Pencegahan Diabetes Melitus melalui Pengendalian Faktor Risiko Sejak Dini.

2. Dr. dr. Julianty Pradono, MS (Kepakaran Bidang Epidemiologi dan Biostatistik); menyampaikan orasi tentang Pengendalian Hipertensi Melalui Pencegahan Kegemukan.

3. Dr. Astuti Lamid, MCN. (Kepakaran Bidang Makanan dan Gizi). Astuti Lamid menyampaikan temuannya tentang Pengembangan Formula Ready To Use Theurapetic Food (RUTF) untuk Penanganan Balita Wasting di Puskesmas.

4. Dr. Dede Anwar Musadad, SKM., M.Kes. (Kepakaran Bidang Kesehatan Lingkungan), membahas tentang topik Rekayasa Sosial dan Teknologi Tepat Guna Untuk Penyelesaian Masalah Sanitasi. (tka)

Komentar

Embed Widget
x