Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 12:16 WIB

Agar Tetap Sehat saat Berpuasa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 10 Mei 2019 | 12:45 WIB
Agar Tetap Sehat saat Berpuasa
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap aman saat berpuasa.

Menurut Triyani Kresnawan, DCN, MKes, RD dari Instalasi Gizi RSCM Jakarta, salah satu cara agar tubuh tetap sehat adalah dengan mencukupi asupan air mineral saat berbukan hingga sahur.

"Kemudian, makan bertahap pada saat berbuka puasa, dianjurkan makanan takjil yang mengandung gula atau manis," ujar Triyani, Jakarta, Jumat, (10/05/2019).

Jangan lupa, kunyah makanan sampai tuntas kurang lebih 30 kali.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang pada saat makan berbuka dan sahur.

"Dianjurkan makanan yang lebih mudah dicerna.
Sayuran yang dimasak, lebih dianjurkan daripada sayur mentah," tambahnya.

Untuk mencapai hidrasi sehat, dibutuhkan pada pria 8-10 gelas. Kebutuhan pada wanita 6-8 gelas. Kebutuhan pada anak 5-7 gelas. Kemudian, kebutuhan pada Lansia 6 gelas. Selanjutnya, Ibu Hamil 8-12 gelas. Ibu Menyusui 12-13 gelas. Kebutuhan individual 30 ml/kg berat badan.

"Segelas setelah azan magrib, segelas setelah sholat magrib, segelas setelah makan, segelas sebelum sholat Isya, segelas setelah sholat tarawih, segelas sebelum tidur, segelas setelah bangun tidur, dan segelas setelah sahur," katanya.

Dia menambahkan, ada beberapa minuman yang perlu dihindari saat berbuka dan sahur. Ini sangat mempengaruhi asupan cairan dalam tubuh.

"Minum kopi, teh dan minuman bersoda memiliki efek diuretik yang menyebabkan lebih banyak kehilangan cairan," tegasnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x