Find and Follow Us

Kamis, 24 Oktober 2019 | 03:27 WIB

Kembangkan Karakter Anak untuk Masa Depan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 29 April 2019 | 10:35 WIB
Kembangkan Karakter Anak untuk Masa Depan
Raise Them Ready Roadshow [Senior Brand Manager Nutrilon Royal, Diana Beauty (kiri) bersama Psikolog Anak & Keluarga Ajeng Raviando, Psi. , M.Si (tengah) dan Dokter Spesialis Anak dr. Caessar Pronocitro M.Sc, Sp.A (kanan) dalam acara edukasi Resilience - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Faktor penting yang berperan untuk dukung si Kecil siap hadapi masa depan adalah karakter.

Psikolog Anak & Keluarga, Ajeng Raviando, Psi. , M.Si menjelaskan, penanaman karakter sejak dini penting untuk mempersiapkan si Kecil menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam kehidupan.

"Perubahan tersebut seperti, kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, dan sebagainya," kata Ajeng Raviando, Jakarta, di acara Nutrilon Royal menghadirkan Raise Them Ready Roadshow, Jakarta, Senin, (29/04/2019).

Ada lima karakter yang sebaiknya diasah sejak dini, yaitu berani, percaya diri dan mau mengambil resiko; mandiri, tidak bergantung pada orang lain; gigih, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai; adaptif, mudah menyesuaikan diri di setiap situasi; dan banyak akal, bisa bertindang cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi.

"Pengembangan karakter dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman baru yang memiliki tujuan (purposeful exposures) dengan harapan akan terjadi transformasi terukur dalam diri anak, misalnya setelah mengikuti flying fox anak tampak senang serta lebih berani mencoba aktivitas permainan yang lain tanpa perlu diminta oleh orangtua," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x