Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 23:43 WIB

Liburan ke Wakatobi, Enam Kuliner Ini Wajib Dicoba

Oleh : Aris Danu | Jumat, 26 April 2019 | 16:40 WIB
Liburan ke Wakatobi, Enam Kuliner Ini Wajib Dicoba
(inilahcom/Ilustrasi)

INILAH.COM, Jakarta - Keindahan Wakatobi tak hanya dari sajian pemandangan alam dan lautan biru yang menakjubkan. Namun destinasi wisata ini juga menyimpan sajian kuliner yang terkenal sedap dan bercita rasa tinggi.

Mengingat daerahnya yang sebagai besar adalah pantai dan laut, sudah tentu kuliner khas Wakatobi tidak jauh-jauh dari olahan boga bahari. Lantas, apa saja kuliner khas Wakatobi yang wajib dicoba saat berkunjung ke kepulauan yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara ini? berikut rekomendasinya:

1. Ikan Parende
Sop ikan parende banyak ditemui di Wakatobi, bahkan hampir di seluruh restoran lokal menawarkan menu ikan parende sebagai hidangan khas. Dikutip dari berbagai sumber, Parende merupakan kuah ikan bumbu kuning yang dimasak tanpa bawang dan hanya menggunakan asam mentah, serai, kunyit, cabai, kemangi, dan garam sebagai bumbu utamanya. Paduan kuah ikan yang kaya akan rempah akan terasa segar dengan cita rasa khas boga bahari yang kental.

2. Kasuami
Warga setempat biasa menikmati ikan parende dengan sepiring kasuami. Bagi warga Kepulauan Wakatobi, kasuami sudah dianggap sebagai pengganti nasi. Kasuami berbahan dasar singkong dan diolah dengan cara diparut dan diperas hingga airnya benar-benar habis. Adonan singkong tersebut kemudian dibentuk menjadi segitiga atau oval dan dinikmati bersama makanan berkuah agar teksturnya terasa lebih lembut dan empuk.

3. Perangi
Bagi traveler yang sudah berkali-kali ke Wakatobi, perangi dianggap sebagai sashiminya Wakatobi. Perangi diolah dari ikan karang mentah yang dipotong lalu dicincang hingga halus. Cincangan ikan segar lalu dicampurkan dengan garam, jeruk nipis, dan paduan bumbu rempah lain. Biar makin mantap, nikmati perangi bersama sepotong kasuami.

4. Luluta
Luluta merupakan sajian kuliner khas Pulau Binongko. Pada dasarnya, luluta merupakan nasi yang dimasak menggunakan bambu, hampir mirip dengan lemang khas Bukittinggi. Luluta biasanya disajikan dengan sayur-mayur dan ikan agar terasa makin sedap.

5. Kosean No Kaudafa
Jalan-jalan ke Pulau Kaledupa, jangan lupa mencicipi Kosean No Kaudafa. Sajian bernama unik ini sebenarnya merupakan sayur bening khas Wakatobi. Bahan utama masakan ini adalah daun kelor yang dimasak bersama kelapa muda dan garam. Meski terlihat polos, kosean no kaudafa memiliki cita rasa yang segar dan cocok dinikmati untuk santap siang. Jarang-jarang kan menikmati sayur kelapa muda?

6. Kapusu Nosu
Kaposu nosu merupakan bubur jagung khas Wakatobi. Selain dikenal sebagai kuliner Wakatobi, hidangan ini juga jamak ditemukan di Buton. Kapusu nosu juga kerap dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi untuk disantap bersama sayur-mayur atau hidangan pendamping lainnya. Rasanya cenderung tawar, tapi tetap nikmat saat disantap bersama lauk-pauk.

Rasanya, 6 kuliner khas Wakatobi cukup membuat penasaran Anda, para traveler. Tapi tunggu dulu, tak perlu terburu-buru untuk bertandang ke Wakatobi. Ada baiknya mempersiapkan perjalanan Anda ke Wakatobi terlebih dulu. Cari tahu harga tiket pesawat ke Wakatobi, siapkan budget, akomodasi, dan perbekalan. Sekedar informasi, tiket pesawat Batik Air untuk tujuan Wakatobi biasanya banyak diburu saat pertengahan tahun, yang merupakan waktu terbaik mengunjungi Wakatobi.

Agar lebih hemat, Anda dapat berburu tiket promo di sejumlah situs pemesanan tiket pesawat online. Anda dapat memanfaatkan Airy untuk survei harga sekaligus melakukan pemesanan tiket pesawat ke berbagai destinasi di Indonesia. Transaksi di Airy mudah dan aman, jadi Anda tak perlu takut akan risiko kerugian maupun penipuan. Jika mau ganti jadwal penerbangan, cukup hubungi customer service untuk melakukan reschedule. Proses refund pun mudah dan cepat. Bagi yang sering melakukan perjalanan bisnis, Airy menawarkan layanan perjalanan bisnis yang mudah, praktis, dan aman. Selamat berlibur! [adc]

Komentar

Embed Widget
x