Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 23:47 WIB

Rumah Berdaya Denpasar Lindungi ODGJ

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 24 April 2019 | 14:40 WIB
Rumah Berdaya Denpasar Lindungi ODGJ
(inilahcom)

INILAHCOM, Bali - Rumah Berdaya Denpasar menjadi melindungi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Orang Dengan Skizofrenia (ODS).

Perlu diketahui, Rumah Berdaya merupakan tempat rehabilitasi psikososial yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Pemerintah Kota Denpasar. Ini juga bekerja sama dengan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Bali, dan organisasi seni Ketemu Project (Ketemu).

Melihat langkah positif tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek menjelaskan saat ini yang terpenting adalah bukan hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan jiwa.

"Hal ini yang sering dulu seorang memiliki kejiwaan sering terbuang, bahkan keluarga ada yang kerap memasung. Rumah Berdaya ini adalah solusi dari hal itu, dan menurut saya terobosan luar biasa," kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek, Bali, Rabu, (24/04/2019).

Saat kunjungan ke Rumah Berdaya Denpasar, Menkes melihat adanya kepedulian banyak orang terhadap para penderita Skizofrenia. Pada rumah ini, ODGJ tidak hanya mendapatkan intervensi dengan pemberian obat, tetapi juga adanya pendampingan untuk membuat suatu karya yang sangat bermanfaat.

"Saya baru melihat mereka mempunyai perhatian lebih. Kepada para gangguan jiwa itu diberdayakan hingga akhirnya bisa kembali kepada keluarga.

Orang-orang yang mengalami depresi dan frusatasi mereka bisa masuk ke rumah berdaya ini dengan sebagai solusi jalan keluar," tambahnya.

Kegiatan positif yang diberikan antara lain membuat dupa, tas, dan sablon baju, serta karya seni kerajinan lainnya, yaitu melukis.

"Mereka di sini disibukkan dengan kegiatan positif sampai mereka bisa merasa menimbulkan kepercayaan diri kembali.

Saya kira ini salah satu contoh dan saya harapkan bisa bergulir terus serta dilakukan daerah lain," ungkap Menkes.(tka)

Komentar

Embed Widget
x