Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 11:44 WIB

Pentingnya Momen Kedekatan Anak dengan Orangtua

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 20 April 2019 | 15:20 WIB
Pentingnya Momen Kedekatan Anak dengan Orangtua
(Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Sudahkah Anda memiliki kelekatan (bonding) yang kuat dengan buah hati Anda?

Momen bonding sangat penting terutama bagi anak-anak usia dini karena dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya menjadi pribadi yang bahagia, mandiri dan tangguh.

Setiap orangtua ingin memiliki bonding yang kuat dengan buah hatinya, namun seringkali menemui berbagai tantangan seperti minimnya waktu bersama buah hati.

Istilah bonding atau kelekatan semakin banyak terdengar dewasa ini, seiring dengan semakin banyaknya orangtua yang menyadari pentingnya bonding sejak dini bagi tumbuh kembang buah hati.

Meski demikian, membangun momen bonding dengan buah hati seringkali menghadapi berbagai tantangan, diantaranya keterbatasan waktu orang tua karena kesibukan terkait banyaknya peran yang harus dijalankan setiap harinya.

Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi menjelaskan,

"Dua tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orangtuanya. Dengan demikian orangtua dapat menyiasati minimnya waktu bersama buah hati dengan meluangkan 15-30 menit setiap harinya untuk membangun momen bonding dengan anak serta memaksimalkan kuaIitas interaksi tersebut, dan memastikan haI ini berjalan secara konsisten dan berkelanjutan," kata Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi, Jakarta, Sabtu, (20/04/2019).

Terdapat tiga elemen utama untuk menciptakan momen bonding dengan buah hati, yaitu kontak mata, sentuhan serta interaksi misalnya melalui mengobrol.

"Membangun bonding bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bermain bersama. Aktivitas bermain yang sederhana pun bisa jadi momen bonding yang seru, menyenangkan, dan bermakna," tambahnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x