Find and Follow Us

Senin, 26 Agustus 2019 | 12:17 WIB

Tugas Orangtua Kini Semakin Kompleks

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 17 April 2019 | 10:30 WIB
Tugas Orangtua Kini Semakin Kompleks
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Menjadi orangtua memang tidak mudah. Hal ini butuh niat, belajar setiap hari dan juga kepeduliaan yang kuat.

Terlebih saat ini semakin banyak pengaruh - pengaruh dari luar. Mulai dari perkembangan teknologi, hingga lingkungan sosial yang mempengaruhi karakter anak. Karena itu, orangtua harus lebih bisa membangun karakter yang kuat pada anak agar tidak menjadi salah satu korban bullying dimana saja.

Berkaca pada kasus bullying yang marak belakangan ini, Daisy Indira Yasmine, M.Si, dosen sosiologi UI, lingkungan di sekolah harusnya menciptakan suasana yang nyaman. Tidak membuat suatu kesenjangan sosial, senioritas antara junior dan senior.

"Jangan - jangan di sekolah ini masih ada senioritas junior-senior, guru dan murid, dan ini peluang menciptakan kesenjangan.

Selain itu jangan-jangan pendidikan hanya menciptakan kondisi stressfull pada anak, ditambah tekanan dari rumah, teman-teman, dan jangan lupa tekanan di media sosial. Tekanan untuk menjadi populer di media sosial," ungkap Daisy di acara Diskusi Forum Ngobras, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, karena tekanan yang timbul di sosial media semakin kencang, tentunya orangtua masa kini harus lebih ekstra dalam melakukan banyak hal untuk anak. Karena itu, tugas menjadi orangtua jaman sekarang menjadi lebih kompleks.

"Tugas orangtua adalah menciptakan anak dengan karakter kuat yang bisa menentukan mana yang benar dan jelek," tambahnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x