Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 02:57 WIB

Pemeriksaan Hemofilia Sejak Dini

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 4 April 2019 | 16:35 WIB
Pemeriksaan Hemofilia Sejak Dini
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemeriksaan Hemofilia sejak dini sangat penting.

Menurut dr. H.M. Subuh, MPPM, sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan, pemeriksaan dini hemofilia penting untuk mencegah komplikasi dan menentukan pengobatan hemofilia.

"Hari Hemofilia sedunia diperingati pada 17 april 1963. Bagaimana cara deteksi dini, dan bagaimana mencegah dan bagaimana menanggapinya," kata Subuh, Jakarta, Kamis, (04/04/2019).

Masih menurutnya, dengan adanya peringatan Hari Hemofilia, bisa semakin menyadari banyak orang tentang pentingnya deteksi kesehatan secara dini. Hemofilia adalah salah satu penyakit tidak menular yang sejak dahulu kerap ditemui.

Hemofilia merupakan kelainan perdarahan Iangka, yang menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan yang sulit berhenti ketika terluka. Di Indonesia kelainan ini baru diketahui pada tahun 1965. Saat Dr. Kho Lien Kheng mulai memperkenalkan metode diagnosis laboratorium untuk mendeteksi adanya gangguan perdarahan Hemofilia melalui Tes Generasi Tromboplastin (TGT), Bleeding Time/Masa Perdarahan (BT) dan Clotting Time/Masa Pembekuan (CT).

Pengobatan dengan transfusi komponen darah yang berisi faktor pembekuan yaitu cryoprecipitate baru digunakan pada tahun 1975 saat dr. Masri Rustam (Palang Merah Indonesia) mulai membuatnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x