Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 03:47 WIB

Agar Bahagia, Binatang juga Butuh Gizi yang Baik

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 April 2019 | 12:10 WIB
Agar Bahagia, Binatang juga Butuh Gizi yang Baik
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Seperti manusia, binatang juga harus dirawat dengan memberikan makanan yang baik, bergizi, dan sehat.

Makanan menjadi kebutuhan paling penting terkait kesehatan dan tumbuh kembang hewan peliharaan. Menurut drh. Elvinkan Ruth dari Klinik Snips&Snaps, ada aspek yang harus diperhatikan saat memelihara hewan peliharaan.

Pertama, kebutuhan nutrisinya. Nutrisi penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anjing.

"Ciri-ciri anjing yang sehat adalah aktif dan lincah, nafsu makan baik, gigi bersih, rambut (bulu) bersih alias bebas kutu dan jamur, dan mengkilap. Selain itu bisa dilihat dari status fisiologisnya seperti suhu tubuh, nadi, frekuensi napas semuanya normal," jelas drh. Elvinka, Jakarta, Selasa, (02/04/2019).

Jangan lupakan pula postur tubuh normal, berat badan anjing, dan kebersihan bagian tubuh yang tidak terlihat seperti gigi dan mulut, atau telinga.

"Telinga yang kotor bisa menjadi masalah. Bahkan pada kondisi yang ekstrem, ada anjing yang mengalami perubahan perilaku misalnya memakan kotoran sendiri (coprophagia)," tambahnya.

Biasanya, hal tersebut terjadi akibat stress atau nutrisi dari makanannya tidak lengkap. Jadi makanan ini sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anjing.

Elvinka menambahkan, makanan seadanya memang tidak akan membuat anjing mati, tetapi kualitas hidupnya berkurang. Anjing pun tidak happy.(tka)

Komentar

Embed Widget
x