Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 02:03 WIB

Agar Tak Terjerumus

Penting Edukasi Anti Narkoba Sejak Dini pada Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 29 Maret 2019 | 21:05 WIB
Penting Edukasi Anti Narkoba Sejak Dini pada Anak
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anak adalah salah satu generasi penerus bangsa yang harus dijaga. Terutama dari jeratan dan godaan narkoba.

Melihat belakangan ini semakin marak peredaran narkoba yang diungkap Polisi, dirasa sangat perlu sekolah mengadakan seminar penyuluhan anti narkoba. Salah satunya adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Madina Islamic School, Tebet, Jakarta, Selatan.

Seminar anti narkoba ini menjadi agenda rutin yang diselenggarakan Madina Islamic School setiap Jumat.

"Level kita ini adalah SMP. Mengingat perkembangan jaman ini anak - anak mengakses semua berita dari mana - mana sangat transparan, dari mana pun, sehingga ini menjadi kewajiban sekolah untuk menyampaikan untuk anak - anak," kata Fajar Arini Virgiyanti, Kepala Sekolah Madina Islamic School, Jakarta, Jumat, (29/03/2019).

Masih menurutnya, drugs ini memang ada di pelajaran IPA terpadu sudah disampaikan kepada anak - anak. Namun ini sifatnya adalah teori. Kemudian, seminar ini memang lebih fokus untuk menyampaikan isinya, bagaimana bahaya dari narkoba, dan jenis - jenisnya apa saja.

"Kita berharap jika anak - anak sudah mengetahui efek - efek dan bahayanya dan lainnya, semoga saja dari kecil - kecil ini bukan hanya pribadinya yang mengetahui, tetapi bisa diperluas di masyarakat sekitar," tambahnya.

Pada acara tersebut, aktris yang dahulu memiliki julukan ratu ekstasi, Zarima Mirafsur, berbagi cerita kelamnya yang terjadi pada jaman dahulu saat dia terjerumus dalam penggunaan obat - obatan terlarang.

"Sebagai orangtua dan juga sebagai Ibu, sangat takut sekali dengan bahaya narkoba. Jadi, kalau bisa sedini mungkin, dengan pengalaman yang saya dulu pernah rasakan, saya ingin berbagi dan saya ingin memperbaiki. Jangan sampai hal ini terulang lagi, apalagi terjadi pada anak - anak," kata Zarima.

Dia juga menjelaskan, tidak ingin anak - anak generasi muda terjerumus dalam pergaulan dan pemakaian obat - obatan terlarang. Ini juga sangat bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

"Tidak hanya itu, dengan narkoba bisa menjerumuskan ke arah seks bebas. Ini juga akan mendekatkan kepada kematian. Banyak sekali kemudorotan yang terjadi karena narkoba," tambahnya.

Agar lebih memberikan gambaran bagaimana cara menghalau narkoba, Kompol Vivick Tjangkung, S.Sos, M.I.Kom selaku Kasat Narkoba Jakarta Selatan, secara gamblang memberikan paparan materi mengenai ragam dan jenis narkoba yang beredar di masyarakat.

"Ini ada beberapa jenis narkoba. Mulai dari Ganja, Heroin, Cocaine, Inex, Sabu, Tembakau Gorilla, dan Liquid Narkoba. Semua memiliki efek pada kesehatan," kata Vivick Tjangkung kepada anak - anak siswa Madina Islamic School.

Masih menurut Vivick, ada beberapa efek dari narkoba yang sangat merugikan. Mulai dari mengganggu kondisi otak dan tubuh secara umum. Kemudian, perubahan sel saraf dalam otak, terjadinya dehidrasi, mengalami bingung dan hilang ingatan.

"Selanjutnya, pengguna narkoba juga mengalami gangguan kualitas hidup, dan kerap mengalami kejang hingga kematian," papar Vivick.

Pada acara tersebut juga dinobatkan beberapa siswa dari SMP Madina Islamic School untuk menjadi duta anti narkoba. Mereka adalah:

1. Kelas 7A (M Kaisha Raffa Siregar)

2. Kelas 7B (Kalifa Fazia Abilham)

3. Kelas 7C (Nayaka Azalia Kusuma)

4. Kelas 8A (Pradipta Firmananda)

5. Kelas 8B (Fathiyah Mumtaz)

6. Kelas 9A (Fathan Raja Isyrafi)

7. Kelas 9B (Aqila Khiaranisa). (tka)

Komentar

Embed Widget
x