Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 00:58 WIB

Intip Ikon Baru Pariwisata Malang

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 22 Maret 2019 | 17:35 WIB
Intip Ikon Baru Pariwisata Malang
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Bupati Malang M.Sanusi mengatakan, MBF (Malang Beach Festival) menjadi ikon baru pariwisata Kabupaten Malang.

"MBF 2019 menyajikan acara olahraga wisata pantai dan wisata budaya yang digelar di lima lokasi pantai unggulan pada September hingga November 2019 mendatang," katanya, Jakarta, Jumat, (22/03/2019).

Penyelenggaraan MBF 2019, kata M.Sanusi, akan diawali dengan perhelatan petik laut yang berlangsung di Pantai Sendang biru pada 27 September 2019. Sehari kemudian pada 28 September 2019 digelar Kirab Budaya yang berlangsung di Pantai Ungapan.

"Seperti tahun sebelumnya, gelaran acara Kirab Budaya ini untuk merayakan hari jadi Kabupaten Malang," tambahnya.

Kegiatan MBF 2019 dimeriahkan dengan acara Malang Beach Cullinary dan Malang Beach Run yang akan berlangsung di Pantai Nganteb pada 12 Oktober 2019. Acara yang sangat istimewa dari MBF tahun ini adalah Malang Night Surfing yang akan berlangsung di Pantai Wediawu pada 2 November 2019.

Hal ini akan menarik apalagi karena Spot night surfing masih langka di Indonesia yakni hanya ada di Bali dan Pantai Wediawu, Kabupaten Malang.

Dari seluruh rangkaian acara MBF 2019 akan ditutup dengan event paralayang yang akan berlangsung di Pantai Modangan pada 23 hingga 25 November 2019.

"Paralayang ini akan start dari penggungan sekitar Lawang dan mendarat di Pantai Modangan, Kabupaten Malang. Kegiatan paralayang ini bisa dilaksanakan di malam hari saat terang bulan. Kegiatan para layangan seperti di dunia hanya ada di Selandia Baru dan Malang sehingga layak menjadi event internasional," ujarnya.

Menpar Arief Yahya mengingatkan untuk menjadikan event sport tourism seperti Malang Beach Fesival maka harus memperhatikan 5 C yakni culture value, commercial value, commitment CEO, communications value, dan continuing.

"Sport tourism memiliki kelebihan dari media value sehingga menjadi ajang promosi yang sangat efektif," kata Arief Yahya.

Kabupaten Malang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Jatim. Dari 367 event yang akan digelar di Jatim pada tahun ini, ada sekitar 10 event unggulan dari daerah Malang Raya.

Event yang digelar sepanjang tahun itu diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jatim yang tahun ini ditargetkan mencapai 1 juta kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) dan 55,76 juta wisnus (wisatawan nusantara) atau meningkat dibandingkan capaian kunjungan pada 2018 sebanyak 830.968 wisman dan 70,27 juta wisnus.(tka)

Komentar

Embed Widget
x