Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 13:35 WIB

RSUP Sarjito

Menkes Resmikan Layanan Pusat Jantung Terpadu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 15 Maret 2019 | 19:05 WIB
Menkes Resmikan Layanan Pusat Jantung Terpadu
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Yogyakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek meresmikan Pelayanan Pusat Jantung Terpadu (PJT) di RSUP Dr. Sardjito, di Ruang Utama Gedung Diklat Lantai IV RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan buntal di pintu lobi barat Gedung Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat Layanan Poliklinik, Kamar Operasi, Cath Lab, ICCU, ICU Bedah Jantung, Rehab Jantung dan Taman, serta Rawat Inap yang ada di Gedung PJT.

Menteri Kesehatan juga meninjau simulasi pelayanan one stop service cardiac mulai dari pemeriksaan atau diagnosis non invasif sampai rehabilitasi, prosedur invasif jantung (catheterisasi jantung dan bedah jantung) dan perawatan intensif, Jumat, (15/03/2019).

Penyakit kardiovaskular telah menjadi penyebab utama kematian global selama lebih dari 15 tahun.

Badan kesehatan dunia (WHO) memperkirakan setidaknya 17,9 juta jiwa atau setara dengan 31 persen kematian global meninggal akibat penyakit kardiovaskular pada tahun 2016.

Mengingat hal tersebut, pelayanan jantung perlu di tingkatkan untuk menekan angka kematian.

Semakin bertambahnya beban penyakit jantung-pembuluh darah khususnya di provinsi DIY dan tingginya tuntutan penyediaan layanan yang berorientasi terhadap keselamatan pasien sebagai implementasi akreditasi Joint Commission International (JCI), maka RSUP Dr Sardjito menjadikan layanan jantung-pembuluh darah sebagai salah satu layanan unggulan RS.

Layanan jantung dan pembuluh darah di RSUP Dr. Sardjito mengalami perkembangan yang pesat.(tka)

Komentar

Embed Widget
x