Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 01:47 WIB

Pentingnya Layanan Kesehatan Jiwa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 20 Februari 2019 | 19:55 WIB
Pentingnya Layanan Kesehatan Jiwa
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Tanggerang - Direktorat Kesehatan Jiwa Kemenkes membuka Layanan Kesehatan Jiwa Bergerak (Mobile Mental Health Services/MMHS).

Layanan tersebut dibuka pada pameran dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2019 yang dilaksanakan tanggal 12 13 Februari lalu di ICE BSD, Tangerang.


MMHS merupakan salah satu layanan kesehatan jiwa masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan jiwa, mendeteksi kasus kesehatan jiwa di masyarakat secara dini, meningkatkan akses masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa serta meningkatkan kerjasama pemerintah, masyarakat dan swasta terkait masalah kesehatan jiwa secara terpadu dan berkesinambungan.

Para pengunjung diminta untuk mengisi kuesioner menggunakan Self Reporting Quetionnaire 29 (SRQ 29) dan dilanjutkan dengan Heart Rate Variability (HRV) Analyzer.

Bila memenuhi kriteria maka pengunjung dirujuk kepada psikiater dan psikolog klinis yang ada di lokasi kegiatan untuk selanjutnya dilakukan wawancara pemeriksaan psikiatrik dan intervensi, seperti yang dikutip dari siaran pers, Rabu, (20/02/2019).

Layanan MMHS difasilitasi oleh tim yang terdiri dari psikiater, psikolog klinis, dan staf dari Direktorat Kesehatan Jiwa dan Napza, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes.

Layanan yang diberikan mencakup: promosi kesehatan jiwa; preventif dengan deteksi dini dan intervensi dini; kuratif dengan terapi gangguan jiwa, psikoterapi, konseling, intervensi krisis; rehabilitatif dengan melakukan psikoedukasi pada keluarga, pemulihan dan pencegahan dan kekambuhan/relaps.(tka)

Komentar

Embed Widget
x