Find and Follow Us

Kamis, 25 April 2019 | 12:55 WIB

Ini Pengobatan Kusta yang Efektif

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 8 Februari 2019 | 16:10 WIB
Ini Pengobatan Kusta yang Efektif
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Bagi mereka yang terkena kusta pengobatan yang efektif dengan diberikan multi drug treatment (MDT) yang tersedia gratis di Puskesmas dan beberapa rumah sakit.

Lama pengobatan 6 bulan untuk tipe PB (pausibasiler), dan 12 bulan untuk tipe MB (multibasiler).

Tujuan dari pengobatan adalah memutus rantai penularan, mencegah cacat atau menangani agar cacat tidak berlanjut, menangani komplikasi, memperbaiki kualitas hidup penderita.

"Pihak keluarga harus mendukung para penderita kusta jika ada di keluarganya. Ini agar penderita kusta tidak mengalami kecacatan," kata Dr. dr. Sri Linuwih Menaldi SW, SpKK(K), Divisi Dermatologi Infeksi Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat, (08/02/2019).

Kusta tidak identik dengan cacat, kusta dapat diobati, temukan tanda dan gejala dini kusta, hilangkan stigma dan diskriminasi.

"Para penderita kusta kerap mengalami stigma dan diskriminasi di masyararakat. Karena itu, harus dihilangkan. Stigma terjadi dua tipe, satu stigma terhadap diri sendiri, yang kedua adalah stigma yang terjadi di lingkungan sosial," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x