Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:21 WIB

Cegah DBD, Basmi Nyamuk dengan 3M Plus

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 4 Februari 2019 | 18:35 WIB

Berita Terkait

Cegah DBD, Basmi Nyamuk dengan 3M Plus
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mencegah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masyarakat terus diimbau untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan lingkungan. Khususnya, menjalankan 3M Plus.

"3M plus harus jadi perhatian semuanya untuk masyarakat," kata Anung Sugihantono M.Kes, sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kemenkes RI, Jakarta, Senin, (04/02/2019).

Agar lingkungan tetap bersih dan terbebas dari jentik nyamuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah poin penting dari 3M Plus.

1. Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti: bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti: drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya

3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan lainnya seperti:

1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. misalnya water toren, gentong/tempayan penampung air hujan, CHI.

2. Menggunakan kelambu saat tidur

3. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk

4. Menanam tanaman pengusir nyamuk

5. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di-
dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain

6. Menggunakan anti nyamuk semprot maupun oles bila diperlukan.

"Untuk para orangtua Tetap, yang umum adalah perilaku hidup sehat. Yang spesifik adalah tak ada jentik nyamuk di rumah, menghindari gigitan nyamuk dengan berbagai upaya, tidur dengan kelambu dsb adalah upaya, usir nyamuk dengan tanaman tradisional," tambah Anung. (tka)

Komentar

Embed Widget
x