Find and Follow Us

Rabu, 24 April 2019 | 09:30 WIB

Hari Kanker Sedunia 2018

Menkes Terus Imbau Masyarakat untuk Hidup Sehat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 4 Februari 2019 | 16:15 WIB
Menkes Terus Imbau Masyarakat untuk Hidup Sehat
Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Memperingati Hari Kanker Sedunia 2019, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengimbau kepada masyarakat untuk terus melakukan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat.

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tangga 4 Februari. Tahun ini mengangkat tema I Am and I Will (Saya adalah dan Saya Akan). Menurut data dari BPJS Kesehatan 2018, biaya untuk penyakit kanker hampir mencapai 2,7 triliun.

"Dari data di Indonesia BPJS menunjukkan setelah penyakit Jantung dan Stroke, kemudian kanker diurutan kedua dan diikuti katastropik lain dan membebani pembiayaan negara, Dalam penyakit ini mencapai 2,7 tirilun. Kita butuh kerjasama di sini dengan komite dan pemerhati serta LSM untuk memberikan pemahaman untuk hidup sehat," kata Nila F Moeloek, Jakarta, Senin, (04/02/2019).

Masih menurutnya, sekitar 43 persen penyakit kanker pada dasarnya dapat dicegah. Misalnya, kanker payudara, dan kanker serviks (mulut rahim).

"Saat ini yang dapat dilakukan dengan kanker serviks yaitu iva tes dan papsmear jika diperlukan. Iva tes tidak terlalu sulit tapi perlu kerjasama baik puskesmas sampai dimanapun ataupun oleh bidan perawat,

bahwa pelatihan diperlukan sampai mendapatkan perawatan untuk iva tes sekalipun," tambah Menkes.

Selain itu, kanker paru juga dapat ditemukan pada laki - laki. Kemenkes mengibau untuk para laki - laki agar tidak sering merokok.

"Merokok, kita tetap berusaha mengurangi menghindari karena kanker paru jelas nomor satu di Indonesia," ujarnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x