Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:25 WIB

Jumlah Kasus DBD di Indonesia Semakin Meningkat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 31 Januari 2019 | 18:35 WIB

Berita Terkait

Jumlah Kasus DBD di Indonesia Semakin Meningkat
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Jumlah kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) saat ini di Indonesia semakin meningkat.

Menurut data yang didapatkan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, sesuai dari laporan 34 Provinsi sebanyak 15.132 orang dan 145 orang meninggal dunia. Provinsi yang mempunyai tren tinggi kasus suspect dengue adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Sulut, Lampung, dan DKI Jakarta.

"Daerah yang menyatakan KLB saat ini adalah kota Kupang, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Ponorogo dan Provinsi Sulawesi Utara," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis, (31/01/2019).

Masih menurutnya, upaya yang dilakukan Kemenkes adalah dengan memberikan surat edaran Kemenkes kepada semua Gubernur tentang kesiapsiagaan peningkatan kasus DBD. Kemudian, penggerakkan masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk 3M Plus (PSN-3M PLUS), dan mengaktifkan Pokja DBD di setiap Kabupaten / Kota.

"Kabupaten / Kota yang melapor kasus DBD sebanyak 380 dari 33 provinsi dan 259 Kabupaten / Kota mengalami peningkatan kasus DBD," tambahnya.(tka)

Komentar

x