Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:03 WIB

Penting, Orangtua Pantau Pertumbuhan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 30 Januari 2019 | 19:55 WIB

Berita Terkait

Penting, Orangtua Pantau Pertumbuhan Anak
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pertumbuhan dan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupannya, yaitu dimulai dari 270 hari masa kehamilan dan 730 hari (2 tahun) pertama
setelah dilahirkan merupakan masa yang penting.

Pada periode itu, terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga masa 1000 hari pertama kehidupan tersebut sering disebut sebagai momen emas pertumbuhan sang buah hati atau anak.

Yang perlu diperhatikan oleh orangtua pada momen emas tersebut adalah nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat, karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Imunisasi dan perawatan yang tepat juga dibutuhkan untuk kesehatan anak. Selain nutrisi dan stimulasi, perawatan kulit sang buah hati juga memerlukan perawatan khusus
karena kulit bayi khususnya yang baru lahir sangat halus dan lembut, sehingga penting bagi Ibu untuk menjaga kebersihan kulit dan memilih produk yang ramah terhadap kulit bayi.

"1000 hari pertama kehidupan buah hati dimulai dari 270 hari di dalam kandungan dan 730 hari setelah lahir. 730 hari ini pun dibagi kembali ke dalam fase 0-12 bulan dan 12-24 bulan. Ini adalah masa penting bagi perkembangan otak sang buah hati, serta pertumbuhan dan perkembangan buah hati sehingga disebut sebagai momen emas," kata dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH, Jakarta, Selasa, (29/01/2019).

Nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, kondisi kesehatan kulit bayi juga memerlukan perawatan khusus, karena kulit bayi berbeda dengan orang dewasa.

"Kulit bayi lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan kulit dewasa, sehingga pada momen emas tersebut, penting bagi Ibu untuk menjaga kebersihan kulit dan memilih produk yang ramah dengan kulit bayi yang sensitif." lanjutnya.(tka)

Komentar

x