Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:09 WIB

Beberapa Faktor Pengaruhi Munculnya DBD

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 30 Januari 2019 | 18:10 WIB

Berita Terkait

Beberapa Faktor Pengaruhi Munculnya DBD
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, salah satu faktor munculnya DBD adalah rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat.

"Kemudian, kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim penghujan dimana banyak timbul genangan-genangan air di sekitar pemukiman seperti talang air, ban bekas, kaleng, botol, plastik, gelas bekas air mineral, lubang pohon, pelepah daun dan lain-lain," kata Siti Nadia Tarmizi, Jakarta, Rabu, (30/01/2019).

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes. Demam berdarah dengue banyak dijumpai terutama di Daerah tropis dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB).

Menurut Data Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD pada 2019 terdapat sekitar 600 kasus yang berasal dari 2 provinsi, jumlah penderita dengan jumlah kematian sekitar 16, hingga Januari ini.

"Gejala awal demam berdarah dengue antara lain, demam tinggi mendadak berlangsung sepanjang hari, nyeri kepala, nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung, kadang disertai adanya tanda-tanda perdarahan, pada kasus yang lebih berat dapat menimbulkan nyeri di ulu hati, perdarahan saluran cerna, syok, hingga kematian," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x