Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 03:48 WIB

Festival Cap Go Meh 2019

Replika Singa Raksasa Siap Pecahkan Rekor Muri

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 28 Januari 2019 | 17:55 WIB
Replika Singa Raksasa Siap Pecahkan Rekor Muri
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kalimantan - Festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, saat ini menjadi agenda wajib bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Berbeda dengan perayaan Cap Go Meh pada umumnya, even yang masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata itu punya berbagai atraksi. Menjadi satu paket dengan Perayaan Tahun Baru Imlek 2570, Festival Cap Go Meh 2019 akan dibuka 3 Februari 2019 mendatang.

Deretan atraksi terbaiknya juga siap digelar mulai dari pentas seni dan budaya, live musik dari artis nasional, atraksi tatung, expo Cap Go Meh, hingga atraksi 12 naga.
Lokasinya terdapat di beberapa titik Kota Singkawang. Mulai Lapangan Kridasana hingga Pusat Kota Singkawang. mulai tanggal 5 hingga 19 Februari 2019.

Yang paling ditunggu adalah parade para tatung Dayak-Tionghoa.

Menariknya, di perayaan Festival Cap Go Meh 2019, akan ada pemecahan rekor MURI replika Singa Raksasa berukuran 8,8 meter.

Pemecahan rekor MURI juga sudah berlangsung setiap tahunnya. Tahun lalu festival menyertakan 9 Replika Naga. Sepasang singa ini sudah dipersiapkan sejak empat bulan lalu menggunakan bahan styrofoam olehputra daerah Kota Singkawang.

Sedangkan angka 8 dari ukuran singa tersebut lantaran angka 8 merupakan angka sempurna.

"Lalu yang bagusnya lagi, replika tersebut yang buat orang-orang disabilitas di sana. Ini perlu diapresiasi sehingga menjadi tontonan yang menarik," kata
Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti di Jakarta, seperti yang dikutip dari siaran pers, Senin (28/01/2019).

Kemeriahan dilanjutkan dengan Festival Pawai Lampion. Lazim digelar malam hari, Festival Pawai Lampion ini menjadi fenomena dengan keindahan warnanya.

Perayaan puncak festival akan digelar 19 Februari 2019. Festival Cap Go Meh menyajikan aksi-aksi unik dari para Tatung. Aksi ini bisa dinikmati di sepanjang jalan utama Kota Singkawang.

"Festival Cap Go Meh ini venue terbaik untuk berlibur. Daya tarik yang ditawarkan sungguh luar biasa. Selain atraksinya, wisatawan juga bisa menikmati beragam kuliner khas Singkawang. Sebab, festival ini juga memiliki stand kuliner Singkawang. Untuk aksesibilitas, jalan menuju Singkawang ini sangat bagus. Jalannya lebar dan mulus. Ini memang sudah menjadi komitmen Presiden Joko Widodo," kata Esthy Reko Astuti yang juga Ketua Tim Pelaksana CoE Nasional Kemenpar.(tka)

Komentar

Embed Widget
x