Find and Follow Us

Rabu, 24 April 2019 | 09:10 WIB

Dampak Positif Dukung Anak Lahirkan Karya Seni

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 22 Januari 2019 | 17:10 WIB
Dampak Positif Dukung Anak Lahirkan Karya Seni
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Memupuk kreativitas anak sejak dini melalui karya seni memiliki dampak positif pada kebahagiaan dan masa depan anak.

Samanta Ananta, M.Psi., Psikolog mengatakan, ada hubungan yangs sangat kuat antara anak yang memiliki kreativitas dengan kesuksesan yang akan dia raih di masa depan.

"Terdapat korelasi yang kuat antara anak yang melakukan seni kreatif dan kesuksesan mereka di masa dewasa," ujar Samanta, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Anak-anak yang aktif membuat karya seni cenderung lebih memiliki banyak ide positif untuk penemuan teknologi. Melalui seni, anak-anak belajar untuk berpikir out of the box sehingga mereka pun lebih terlatih untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Selain itu, Samanta menjelaskan bahwa menciptakan dan mengamati seni dapat mengurangi hormon stres.

"Melakukan sesuatu yang kita sukai juga melepaskan endorfin, hormon yang memberikan rasa bahagia. Tidak hanya itu, kreativitas yang lebih besar menimbulkan kebahagiaan yang lebih mendalam," tambahnya.

Proses kreatif itu sendiri merupakan sumber kebahagiaan bagi kebanyakan orang dan dengan memiliki kreativitas seseorang juga

lebih mampu memecahkan masalah kecil yang menimpanya setiap hari.(tka)

Komentar

Embed Widget
x