Find and Follow Us

Rabu, 24 April 2019 | 09:42 WIB

Yuk, Hidup Sehat Sampai Tua

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 22 Januari 2019 | 16:45 WIB
Yuk, Hidup Sehat Sampai Tua
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Jaga kesehatan sampai usia tua sangat penting. Agar tetap sehat sampai usia lanjut, Anda bisa membatasi penggunaan gula, garam, dan lemak.

Menurut Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim, hidup sehat sebagai kondisi bebas dari penyakit serta tubuh yang terasa fit untuk beraktivitas dengan optimal. Asupan gula, garam, lemak (GGL) sebagian besar masyarakat Indonesia masih berlebih.

"Indonesia adalah negara keenam yang banyak penderita Diabetes Melitus di dunia," kata Noviana Halim, di acara Bincang Shopee, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Asupan gula dalam sehari sering terlihat berlebih ketika membuat sebuah minuman. Ini terlihat, paling tidak seseorang membuat minuman es teh manis atau teh manis hangat dengan menggunakan empat sendok gula. Padahal, itu sudah terlalu banyak asupan gulannya.

"Batasan gula sehari yang dikonsumsi orang adalah sekitar 50 gram atau setara dengan empat sendok makan. Ini juga termasuk dalam gula alami yang terdapat di dalam buah, susu, dan sebagainya," papar Noviana.

Kemudian, asupan garam dalam setiap makanan kerap tidak diperhatikan. Misalnya, ketika seseorang makan nasi goreng telor, sudah termasuk asupan satu sendok teh garam. Mie goreng instant tanpa telor termasuk setengah sendok teh garam, untuk per porsi.

"Kemudian ada yang ngajak makan bakso. Itu juga menggunakan satu sendok teh garam per porsi. Dalam sehari, tubuh hanya membutuhkan lima gram garam atau setara dengan satu sendok teh," tambahnya.

Asupan lemak juga kerap tidak diperhatikan. Dalam satu hari asupan lemak yang dibutuhkan adalah sekitar 27 gram atau setara dengan 5 sendok makan.(tka)

Komentar

Embed Widget
x