Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 11:04 WIB

Penderita Diabetes, Jangan Abai Cek Gula Darah

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 19 Januari 2019 | 18:35 WIB

Berita Terkait

Penderita Diabetes, Jangan Abai Cek Gula Darah
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Para penderita Diabetes Melitus (DM) harus benar - benar mengontrol gula darah. Jangan pernah mengabaikan. Mengapa?

Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD - KEMD, FINA, selalu Dokter Spesialis Penyakit Dalam, penyakit DM tidak bisa dianggap remeh karena sudah diobati.

DM adalah salah satu penyakit yang tergolong silent killer dan sangat mematikan jika terjadi komplikasi. Karena itu, penderita DM harus benar - benar teratur dalam mengobati masalah penyakit tersebut.

"Sakit gula (DM) harus dikontrol. Bukan berobat kemudian dikasih obat kemudian beres. Harus selalu dikontrol apalagi gula turun apa tidak setelah minum obat," kata Sidartawan Soegondo, saat ditemui di acara diskusi Kalbe mengontrol diabetes untuk hidup yang manis dan peluncura Elvansense, Jakarta, Sabtu, (19/01/2019).

Selain cek gula darah secara rutin, mengatur pola makan dan melakukan aktivitas fisik sangat penting. Ini agar menekan lonjakan Kadar gula darah cepat meningkat usai mengkonsumsi asupan makanan.

"Kalau perlu menggunakan insulin ya pakai. Ada beberapa kelompok tertentu yang pakai insulin dan periksa darah tujuh kali. Mengapa Harris periksa gula darah? Supaya bisa mencegah terjadinya komplikasi," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x