Find and Follow Us

Senin, 20 Mei 2019 | 03:45 WIB

Mewarnai Dapat Tingkatkan Kreatifitas Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 17 Januari 2019 | 18:15 WIB
Mewarnai Dapat Tingkatkan Kreatifitas Anak
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mewarnai adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak - anak.

Menurut psikolog, Nadya Pramesrani, M.Psi, pada saat proses mewarnai, anak mengalami kegiatan saat memegang pensil warna, mengamati gambar, menggerakkan tangan.

"Semua proses tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan sensor motorik yang baik," kata Nadya, saat ditemui di Jakarta, Kamis, (17/01/2019).

Ketika anak sedang mewarnai, biarkan kreativitas mereka berkembang. Terkadang, masih menurut Nadya, orangtua tiba - tiba berbicara tentang warna yang tidak sesuai dengan gambar pada umumnya.

"Misalnya, ketika anak mewarnai matahari dengan warna biru. Orangtua terkadang bilang, kok matahari warna biru, bukan warna kuning? Nah, ini bisa diganti pertanyaannya dengan yang lebih baik," tambahnya.

Dengan begitu, akan ada interaksi yang lebih kuat antara orangtua dan anak. Jadi, biarkan anak berkreasi sesuai imajinasinya. Kemudian, orangtua bisa berbicara lebih dalam dengan anak.

"Dengan begitu, anak lebih kreatif dan mencari jalan keluar yang lebih baik dari hal yang lihat. Terutama soal warna yang sedang dia kerjakan," ungkapnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x