Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 10:54 WIB

Berkaca dari Kasus Prostitusi Online

Waspada Kanker Mulut Rahim

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 16 Januari 2019 | 19:35 WIB

Berita Terkait

Waspada Kanker Mulut Rahim
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Sering berganti pasangan di era kini melalui prostitusi onlinesepertinya sesuatu hal yang sudah berjalan lumrah. Bagi perempuan, sangat berisiko. Ini akan menimbulkan kanker mulut rahim.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH MMB, dari sudut kesehatan berganti pasangan berisiko penyakit, kelompok penyakit akibat berganti pasangan ini dimasukan sebagai sexually transmitted disease (STD).

"Untak para perempuan yang berganti pasangan selain penyakit STD tadi juga berisiko untuk terjadinya kanker mulut rahim," papar Ari seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (16/01/2019).

Masih menurutnya, siapapun yang berhubungan seks dengan seseorang dengan kehidupan seks berganti pasangan berpotensi menularkan penyakit yang didapat dari pasangan seks sebelumnya.

"Pasien dengan HIV positif atau dengan hepatitis B atau C sama dengan orang normal tanpa infeksi virus tersebut," tambahnya.

Ketiga penyakit virus ini merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

"Yang membedakan bahwa satu dengan yang lain adalah bahwa di dalam darah pasien dengan HIV atau pasien dengan hepatitis B atau C mengandung virus tersebut sedang yang lain tidak," ujarnya.

"Secara fisik terutama sebelum ada komplikasi kita tidak dapat membedakan siapa yang didalam tubuhnya mengandung virus yang sangat berbahaya tersebut," katanya.

Karena itu, saat berhubungan seks dengan seseorang yang bukan istri, maka sudah berisiko untuk mengalami penyakit infeksi yang berbahaya dan mematikan.

"Fase tanpa keluhan penderita infeksi virus ini dapat berlangsung selama 5-10 tahun sampai mereka mempunyai gejala. Oleh karena itu sering saya mendapatkan pasien yang mengalami HIV AIDS saat ini dan menduga tertular pada saat 5 atau 10 tahun yang lalu karena mereka menyampaikan setelah menikah 5 tahun belakangan ini mereka tidak pernah berhubungan seks dengan orang lain kecuali kepada istri atau suami sahnya saja," ungkapnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x