Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 16:37 WIB

Susunan Gigi Susu Sama dengan Gigi Dewasa?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 16 Januari 2019 | 15:20 WIB
Susunan Gigi Susu Sama dengan Gigi Dewasa?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Susunan gigi susu pada anak dianggap sudah rapi, namun apakah ketika tumbuh gigi tetap atau gigi dewasa akan tersusun sempurna juga?

Hal tersebut ternyata belum tentu. Menurut drg. Irwin Lesmon, Sp.Ort, Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia RS Pondok Indah, semua gigi tetap yang akan tumbuh itu tergantung dari ruangan yang ada pada rahang.

"Kalau pas gigi susu itu kan kecil, gigi dewasa besar. Kalau gigi susunya rapat - rapat, bisa jadi gigi dewasanya berantakan, karena ruangannya tidak cukup. Kalau gigi susunya renggang, jadi memiliki ruangan yang besar, maka gigi dewasanya rapi," ujar drg. Irwin Lesmon, Sp.Ort, Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia RS Pondok Indah, Jakarta, Rabu, (16/01/2019).

Masih menurutnya, ada beberapa variable lain yang sangat mempengaruhi susunan gigi dewasa. Salah satunya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada saat kecil.

"Kemudian, banyak sekali variable yang mempengaruhinya. Misalnya memiliki kebiasaan buruk yang dimililki. Kebiasaan seperti menggigit kuku, pasien ngempeng atau ngedot itu sangat berpengaruh," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x