Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Januari 2019 | 14:25 WIB

Ini Capaian Imunisasi Campak Rubella di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 7 Januari 2019 | 15:45 WIB

Berita Terkait

Ini Capaian Imunisasi Campak Rubella di Indonesia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekitar 87,33 persen capaian imunisasi campak rubella di seluruh Indonesia diraih.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono, Jakarta, Senin, (07/01/2019).

"Capaian imunisasi yang ada di luar Jawa mencapai 72,70 persen dari sekitar 35 juta yang waktu itu 30 juta yang diskenariokan, sekitar 23 juta anak bisa diimunisasi di luar Jawa. Kampanye MR ini kan bukan hanya di luar Jawa. Luar Jawa itu adalah bagian dari rangkaian kampanye yang sudah dilakukan pada 2017 yang lalu sehingga kalau secara keseluruhan Jawa dan luar Jawa itu kita gabungkan maka sesungguhnya capaian imunisasinya untuk Indonesia capaiannya di atas 80 persen. 86 persen atau 87,33 persen untuk Indonesia," kata Anung.

Masih menurutnya, data tersebut bersifat dinamis. Bisa berubah - ubah karena masih dalam proses penerimaan laporan pencapaian imunisasi campak dan rubella.

Pencapaian tersebut, sangat mendapat apresiasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Meski capaian tersebut tidak menembus angka hingga 95 persen.

"WHO mengapresiasi capaian secara totalitas Indonesia, meski enggak sampai 95 persen, secara totalitas, tetapi untuk Indonesia untuk periode 2 tahun, bisa mencapai 87 persen, adalah sebuah prestasi," tambahnya.

Masih menurutnya, capaian di luar Jawa yang mencapai 95 persen ada sekitar 256 kabupaten kota, dan sekitar 71 kabupaten kota di bawah 50 persen.

"Yang paling rendah adalah Provinsi Aceh sampai sekarang," ujarnya. (tka)

Komentar

x