Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 16:39 WIB

Usai Tsunami Selat Sunda

Butuh Tiga Bulan untuk Pulihkan Kawasan Banten

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 27 Desember 2018 | 16:10 WIB
Butuh Tiga Bulan untuk Pulihkan Kawasan Banten
Menpar Arief Yahya - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, berharap masa pemulihan akan berlangsung tiga bulan untuk kembali normal.

Mengapa tiga bulan? Karena bila melebihi tiga bulan, kata Menpar, pelaku industri sudah tidak kuat hal ini juga yang terjadi di Bali dan Lombok pasca bencana.

"Recovery harus secepat mungkin. Untuk Anyer dan sekitar saya prediksi satu bulan sudah mulai pulih. Pemerintah lah yang harus memulai. Karena bila pemerintah sudah masuk, kepercayaan masyarakat sudah tentu ikut," kata Menpar Arief Yahya, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (27/12/2018).

Hal yang paling mudah untuk mengembalikan lagi kepercayaan wisatawan hingga investor adalah keteladanan dari Pemerintah.

"Hal yang sama saya lakukan pasca erupsi Gunung Agung di Bali. Saya mengundang pak Presiden Jokowi untuk datang ke Pantai Kuta. Tidak perlu banyak pidato Bali cepat pulih", jelas Menpar.

"Begitu juga yang saya lakukan di Lombok. Saya berkali-kali ke sana. Bisa di cek, saat ini ada penambahan Investasi di Mandalika sebesar USD 1 Milliar. poinnya adalah Ketika pemerintah turun ke lapangan. Tidak perlu banyak bicara sudah pasti akan pulih. Baik dari wisatawan ataupun investor," tambah Menpar.

Kemudian pemulihan destinasi. Pemulihan destinasi memang tidak bisa langsung Kemenpar yang menangani. Tetapi Kemenpar akan menyurati K/L untuk memperbaiki destinasi terdampak.

"Semisal menyurati KemenPUPR, atau menyarikan Dana Alokasi Khusus. Di sana peran Kemenpar untuk selalu mendampingi," ujar Menpar Arief Yahya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x