Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 13:15 WIB

Ini Daerah Terdampak Parah Tsunami di Banten

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 25 Desember 2018 | 18:30 WIB
Ini Daerah Terdampak Parah Tsunami di Banten
(Foto: inilahcom/dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Data yang diterima tim Tourism Crisis Center (TCC) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Kabupaten Pandeglang dan Bufferzone Tanjung Lesung, daerah terdampak parah yaitu pemukiman dan tujuan wisata.

Daerah tesebut adalah di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Mengenai aksesibilitas, bandara yg berada di Kawasan Tanjung Lesung dalam posisi aman untuk dilandasi helikopter.

Sedangkan dermaga yg berada di Kawasan Tanjung Lesung mengalami kerusakan sehingga kapal tidak bisa berlabuh. Jalur Merak - Bakauheni aman, namun di wilayah Labuan terdapat 350 kapal dan perahu nelayan yang rusak.

"Untuk akses darat, jalan raya Serang Pandeglang sangat padat sedangkan Akses jalan Anyer Pantai Carita sudah bisa dilalui," kata Guntur Sakti sebagai Ketua Tim TCC, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (25/12/2018).

Amenitas di Pandeglang cukup banyak terdampak pasca tsunami. Guntur Sakti menyebut tercatat 69 hotel dan villa rusak serta 60 warung makan dan toko rusak.

"Yang mengalami dampak kerusakan paling berat adalah homestay sepanjang jalan raya Tanjung Lesung ke arah Kecamatan Sumur," lanjut Guntur Sakti.

Sebanyak 146 gardu berfungsi secara baik. Tiang PLN banyak yang rusak tetapi belum terputus. Kini sedang diadakan pemasangan tiang listrik PLN sepanjang jalur KEK Tanjung Lesung sampai Kec. Sumur. Fasilitas dan penyaluran BBM dan LPG dalam kondisi aman. Jaringan telekomunikasi juga masih terpantau normal.

Untuk Pos Kesehatan, berada di Pantai Carita, Pantai Panimbang, dan Kecamatan Sumur. Untuk pos kesehatan di Puskesmas Panimbang diperkuat tim dokter internship dan Public Safety Center (PSC) 119 dari Dinkes Provinsi Banten.

"Tim TCC terjun dan memantau langsung agar kami selalu update mengenai perkembangan kondisi disana, khususnya terkait wisatawan dan 3A terdampak. Mudah-mudahan, itu semua akan membuat situasi semakin terang. Tidak banyak hoax, tidak menciptakan kepanikan, dan semua bisa melewati situasi ini dengan baik." ujar Guntur Sakti.(tka)

Komentar

x