Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 18:01 WIB

Program Bayi Tabung Salah Satu Cara Raih Kehamilan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 18 Desember 2018 | 18:15 WIB

Berita Terkait

Program Bayi Tabung Salah Satu Cara Raih Kehamilan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Program bayi tabung merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan pada pasangan yang mengalami gangguan kesuburan dengan cara mempertemukan sperma dan sel telur diluar tubuh manusia.

"Setelah terjadi pembuahan, sejumlah 2-3 embrio akan ditanam kembali ke rahim si calon Ibu. Hal ini membedakannya dengan konsep inseminasi dimana proses pertemuan antara sperma dan sel telur tetap terjadi di dalam tubuh manusia," kata dr. Yassin Yanuar Mohammad, SpOG(K), MSc, Jakarta, Selasa, (18/12/2018).

Masih menurutnya, seorang perempuan pasti mengalami penurunan jumlah dan kualitas sel telur, dan pada saat usia 35 tahun. Pada pasangan yang merencanakan menunda kehamilan, perlu memperhitungkan aspek ini.

"Kita tidak bisa memprediksi secara akurat kapan usia biologis seseorang sudah menua melebihi usia kronologisnya. Maka itu, idealnya penundaan kehamilan haruslah ditempatkan dalam kerangka perencanaan keluarga, khususnya perencanaan reproduksi keluarga, dengan didampingi oleh spesialis obstetri dan ginekologi," tambah Yassin.


Tentang bayi tabung pintar, dr Yassin, mengatakan, Smart IVF, tidak sederhana (not simple) prosesnya karena sama dengan proses program bayi tabung lainnya yang melewati 8 tahapan, yaitu pemeriksaan USG, hormon, saluran telur dan sperma, penyuntikan obat untuk membesarkan sel telur, penyuntikan obat penekan hormon, pengambilan sel telur, pembuahan, pengembangan embrio, penanaman embrio serta tahap menunggu hasil.

"Namun dengan konsep ini, biaya yang diperlukan lebih terjangkau dan dengan demikian kami berharap banyak pasutri yang menginginkan keturunan melalui program bayi tabung dapat terbantu," ungkapnya.

Dengan adanya laboratorium yang canggih dan peralatan teknoiogi tinggi pada program bayi tabung pintar ini, maka memungkinkan dilakukannya prosedur pencarian sel telur, mempertemukan sel telur dengan sel sperma, penetasan sel telur, kultur embrio, sampai pembekuan embrio dan pencairan embrio.

"Namun demikian, penting untuk diingat, hal yang harus diperhatikan demi suksesnya program bayi tabung pintar adalah kondisi fisik dan psikologls istri, suami, infrastruktur fisik, peralatan medis, staf yang kompeten, teknik prosedur yang balk dan kolaborasi pelayanan dengan pendekatan tim," tegasnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x