Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 15:26 WIB

Cara Alami Meningkatkan Imunitas Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 14 Desember 2018 | 13:15 WIB
Cara Alami Meningkatkan Imunitas Anak
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa cara alami meningkatkan imunitas anak. Seperti apa?

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Jumat, (14/12/2018), tidak jarang para orangtua kerap resah ketika menghadapi buah hatinya yang sering terkena flu. Nah, untuk meningkatkan imunitas anak secara alami, bisa dilakukan beberapa hal.

Berikut adalah rinciannya.

1. Istirahat cukup

Kurang tidur bisa membuat imunitas anak berisiko turun.

2. Menyusui

ASI (Air Susu Ibu) mengandung antibodi alami dan sel darah putih. Menyusui bisa meminimalisir risiko infeksi telinga, SIDS, meningitis, ISK, dan diare. WHO menyarankan agar anak dapat ASI sampai usia 2 tahun.

3. Ajak anak menyatu dengan alam

Sering - sering ajak ke taman, pantai, dan tempat wisata alam lainnya. Udara segar, sinar matahari, dan bakteri baik di alam akan membuat imunitas tubuh lebih kuat.

4. Olahraga bersama

Olahraga akan meningkatkan antibodi alami dalam tubuh. Ajak anak jogging bersepeda, main basket, atau bulutangkis, secara rutin.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur yang tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan dapat meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan infeksi. Berikan jeruk, berries, wortel, dan lainnya.

6. Hindari asap rokok

Risiko anak - anak menerima efek negatif dari asap rokok itu lebih besar dari orang dewasa. Risiko SIDS, bronkitis, infeksi telinga makin besar. Minimalisir efeknya dengan tidak merokok di dalam rumah, cuci tangan dan ganti baju setelah merokok.(tka)

Komentar

Embed Widget
x